Perkembangan Teknologi Komputer Mobile

Semakin berkembangnya teknologi semakin memudahkan manusia dalam beraktivitas sehari-hari. Jika sebelumnya kita mengenal teknologi komputer sekarang kita sudah mengenal pula teknologi komputer mobile. Dengan adanya perkembangan teknologi komputer tersebut semakin memudahkan manusia untuk mengerjakan pekerjaan saat berada di luar rumah.

Pengertian Komputer Mobile

Namun sebelum kita membahas mengenai perkembangan teknologi komputer mobile, pertama tama kita harus mengetahui pengertian komputer mobile itu sendiri. Berdasarkan beberapa sumber mendefinisikan komputer mobile, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Mobile computing atau dikenal juga dengan istilah komputer portable adalah perangkat yang bisa digunakan tanpa jaringan nirkabel.
  • Mobile computing adalah perangkat yang menggunakan teknologi yang terhubung secara jarak jauh atau non static.
  • Mobile computing adalah suatu istilah yang dipakai untuk menggambarkan perangkat yang ukurannya kecil dan portable.

Dari definisi tersebut dapat disimpulkan yang dimaksud dengan komputer mobile adalah teknologi tanpa kabel, portable atau bisa dibawa kemana-mana untuk mempermudah menggunakannya.

Saat ini perkembangan komputer mobile sangat luar biasa canggih. Kita bisa mengetahuinya dengan melihat perkembangan dari waktu ke waktu. Lebih jelasnya berikut sejarah perkembangan mobile komputer yang mesti Anda ketahui:

Sejarah Perkembangan Mobile Computer

Pada tahun 1968 Alan Kay mengembangkan sebuah komputer portable Dynabook yang diperuntukkan untuk anak-anak. Fitur graphical control interface pada icon komputernya merupakan cikal bakal sistem operasi yang digunakan saat ini.

Pada tahun 1982 muncul teknologi Gir Compass 1100 yang dikembangkan oleh Grid. Covernya bisa dilipat dan diintergrasikan dengan sebuah flatscreen dan casingnya dari magnesium. Namun sayangnya teknologi ini membutuhkan biaya yang besar, dan hanya kalangan NASA dan militer AS yang mampu membelinya.

Pada tahun 1983 muncul laptop pertama yang memiliki bobot lumayan berat tanpa baterai. Sistem operasi yang digunakan menggunakan MS DOS yang tidak begitu popular.

Pada tahun 1984 muncul touchpad yang ditawarkan oleh laptop Gavilan. Modelnya sudah bisa dilipat dengan layar LCD dan processor intel 80168.

Pada tahun 1985 muncul Bondwell 2. Walaupun era CP/M sudah lewat namun kehadirannya menarik perhatian. Kapasitas RAM sebesar 64kb, drive 3,5 dan layar LCD nya sangat popular di jamannya.

Pada tahun 1988 muncul Compaq SLT 286 merupakan laptop pertama yang dilengkapi baterai hardisk dan LCD. Layarnya menggunakan teknologi VGA, ditujukan untuk kalangan pembisnis.

Pada tahun 1990 diperkenalkan laptop Sharp multicolor 386PC 8041 dengan kapasitas RAM sebesar 2GB, harddrive 40 mb.

Pada tahun 1997 diperkenalkan USB interfave  pada semua perangkat yang terhubung dengan notebook. Pada jaman ini komputer portable menjadi popular dan banyak yang menggunakannya.

Pada tahun 1999 berkat penggunaan WLAN notebook sudah bisa dihubungkan ke jaringan internet di mana saja dan kapanpun juga.

Tanda lainnya yang memperlihatkan perkembangan teknologi komputer mobile yang semakin berkembang pesat adalah dengan melihat jenis komputer mobile yang semakin canggih dan beragam.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *