Perkembangan Teknologi Proyektor

Perkembangan Teknologi Proyektor—perkembangan teknologi telah mengalami kemajuan yang signifikan. Berabagai kemajuan di bidang teknologi terus berkembang dari waktu ke waktu menjadi lebih baik. Tak terkecuali untuk LCD Proyektor.

Semakin hari teknologi yang tersemat dalam sebuah Proyektor, semakin canggih. Yang dulunya hanya sanggup memproyeksikan gambar dengan resolusi VGA sekarang sudah melejit hingga WUXGA atau Wide Ultra Extended Graphic Array dengan resolusi mencapai 1920 x 1200 piksel. Semakin tinggi tingkat resolusi yang mampu dihasilkan, semakin mahal pula harga proyektor yang dibanderol.

Pada dasarnya LCD Proyektor digunakan untuk memproyeksikan gambar—dengan atau tanpa suara—ke layar atau dinding yang dituju. LCD Proyektor kerap digunakan untuk melakukan presentasi ataupun sebagai media home theater.

Jika anda kini tengah mencari proyektor, ada baiknya anda memperhatikan hal berikut ini.

  • Konektivitas

Sebelum anda memutuskan membeli sebuah proyektor, cermati secara baik apkah LCD Proyektor tersebut memiliki multiple port untuk menghubungkan beberapa sumber atau multiple computer ke senuah proyektor secara bersamaan. Cek pula input yang dimilikinya seperti komponen input untuk DVD, HDMI atau DVI, commposite dan S Video sebagai sumber analog.

Baca Juga: Artikel Mengenai Perkembangan Teknologi Terkini

  • Brightness

Uji cobalah proyektor yang akan anda beli pada ruang tertutup standart. Seperti ruang kelas, bagaimanakah tingkqt pencahayaan yang dihasilkan. Untuk ruang kelas kurang lebg memerlukan 1000-2000 lumens untuk pencahayannya. Tetapi jika anda menggunakannya untuk di ruangan besar dan luas, paling tidak anda memerlukan 2000-3000 lumens untuk mendapatkan cahaya yang cukup sehingga gambar yang ditampilkan halus dan jelas.

  • Resolusi

Resolusi dalam proyektor terbagi dalam beberapa macam. Yaitu mulai dari VGA, SVGA, XGA, SXGA hingga UXGA. Hal yang pasti, semakin tinggi resolusi yang anda piih, maka akan menghasilkan gambar atau tampilan yang lebih jelas dan detail. Kini dengan perkembangan teknologi yang lebih maju seperti saat ini Resolusi sebuah Proyektor telah  berada di tingkat yang tinggi.

  • Pixel Density dan Scaling

Karena tugas dasarnya adalah memproyeksikan, maka kerapatan piksel dalam sebuah proyektor sangatlah penting. Semakin tinggi native piksel, maka akan memberikan hasil yang lebih baik.

Itu dia, beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika anda hendak membeli sebuah proyektor. Ada banyak sekali merk proyektor di luar sana. Dengan menawarkan beragam fitur dan harga yang bervariasi. Mulai dari yang murah hingga sampai yang termahal. Produsen-produsen tersebut diantaranya, Acer, NEC, Hitachi, Sony, Canon, Epson dan lain sebagainya. Range harga yang ditawarkan biasanya mulai dari satu juta rupiah hingga mencapai puluhan juta rupiah. Semakin mahal harga jual, biasanya akan berbanding lurus dengan kualitas serta fitur yang diemban. Tetapi memang anda perlu membandingkan secara detail. Karena tidak menutup kemungkinan, anda dapat memperoleh LCD Proyektor murah dengan kualitas yang bagus.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *