Home Produk Teknologi Perkembangan Teknologi untuk Jenis Kereta Api

Perkembangan Teknologi untuk Jenis Kereta Api

by Jenny Harvey
Perkembangan Teknologi untuk Jenis Kereta Api

Perkembangan teknologi akan dapat dirasakan dalam berbagai bidang. Termasuk dalam bidang transportasi yang sekarang ini sudah banyak perkembangan yang bisa dimanfaatkan untuk banyak sistem transportasi. Misalnya adalah perkembangan dalam teknologi pengaman yang digunakan untuk mencegah terjadinya pencurian kendaraan, teknologi navigasi, dan juga berbagai perkembangan lainnya. Untuk salah satu jenis transportasi yang bisa dipilih oleh masyarakat adalah kereta api yang juga mempunyai banyak perkembangan yang ada. Baik itu dari jenisnya yang mulai berkembang, fasilitas, dan juga sistem yang digunakan oleh kereta api. Kereta api sendiri bisa dibedakan dari beberapa jenis yang menawarkan fungsi yang berbeda. Misalnya untuk jenis kereta api yang ada adalah:

 Perkembangan Teknologi untuk Jenis Kereta Api

  • Kereta tenaga hewan

Sebelum mengenal jenis kereta yang sekarang ini dengan menggunakan teknologi yang canggih. Pada zaman dahulu dikenal dengan kereta yang menggunakan tenaga hewan dan menjadi cikal bakal transportasi yang satu ini. Pada mulanya ada kereta kuda yang mempunyai satu kereta dan kemudian ada kereta kuda yang bisa untuk digunakan beberapa rangkaian di belakangnya. Kereta kuda tersebut merupakan kendaraan yang berdoa dan mempunyai 1 kota besar untuk mengangkut penumpang atau barang dan menggunakan tenaga kuda untuk menariknya.

  • Kereta tenaga uap

Perkembangan teknologi untuk sistem transportasi kereta selanjutnya adalah kereta dengan tenaga uap. Kereta ini merupakan generasi selanjutnya yang menggunakan tenaga uap untuk dapat menjalankan kereta ini. Dimana bahan bakar yang digunakan adalah dengan kayu atau juga minyak dan banyak digunakan di negara di Eropa. Sedangkan untuk di Indonesia sendiri diperkenalkan pada tahun 1867 dan menggunakan lokomotif dari Jerman, Inggris, dan juga Belanda. Jenis kereta uap ini sendiri tentunya lebih efektif daripada jenis kereta kuda karena bisa untuk mengangkut penumpang lebih banyak dan juga mempunyai jalur sendiri sehingga sangat cocok untuk mendukung mobilitas masyarakat.

 Baca Juga:Mengenal Efek Positif Perkembangan Teknologi untuk Kehidupan

  • Kereta tenaga diesel

Dan jenis selanjutnya untuk kereta adalah lokomotif yang menggunakan tenaga diesel. Jenis ini menggunakan bahan bakar solar dan mempunyai dua jenis yang ada yaitu diesel hydraulic dan juga diesel listrik. Mesin dari jenis kereta ini dapat untuk menawarkan banyak kelebihan daripada jenis sebelumnya dimana lebih efisien ketika digunakan. Sehingga menjadi salah satu kereta yang diminati saat itu.

  • Kereta tenaga magnet

Dan jenis kereta selanjutnya menurut perkembangan teknologi adalah kereta tenaga magnet. Jenis kereta ini adalah kereta yang mengambang dengan sistem magnetik. Prinsip dari jenis kereta api yang satu ini adalah menggunakan gaya magnet sehingga tidak akan menyentuh rel kereta. Jenis kereta magnet ini bisa dibedakan menjadi tiga tergantung dari magnet yang digunakan yaitu magnet super konduktivitas, elektromagnetik terkontrol, dan juga magnet permanen.

 

Baca Juga:  Teknologi Sosial Media yang Berkembang Pesat di Indonesia

Artikel Lainnya

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More