Perkembangan Teknologi VR Terbaru Dan Manfaatnya Bagi Kehidupan Manusia

Teknologi Virtual Reality (VR) sekarang menjadi trand yang sedang banyak dibicarakan, bahkan banyak produser smartphone, game dsb semakin gencar mempromosikan produknya yang sudah dilengkapi dengan teknologi VR.

Perkembangan VR Dari Masa Ke Masa

Teknologi Virtual Reality sebenarnya sudah ada sejak tahun 1960-an. Seperti pada kamera jaman dulu yang bisa dirubah-rubah gambarnya meripakan konsep dasar VR yang sekarang sedang booming.

Dari situ-lah mulai dikembangkan teknologi VR menjadi yang sekarang ita kenal. Semakin banyak perusahaan yang mengembangkan teknologi ini, namun sayang nya masih banyak orang yang belum mengetahuinya. Padahal dengan menggunakan teknologi ini banyak manfaat dan lebih asik. Berikut ini beberapa manfaat teknologi virtual reality yang sudah kami rangkum.

Manfaat Teknologi Virtual Reality

  • Teknologi virtual reality banyak digunakan untuk perkembangan games. Teknologi ini memang selalu dikaitkan dengan video game.
  • Selain di dunia game, VR juga digunakan untuk nonton film dan hasilnya memberikan sensasi yang luar biasa bagi para penontonnya.
  • Dari dunia militer, teknologi ini digunakan untuk latihan para personil militer. Tentu saja hal ini berdampak postif melatih kemampuan militer.
  • Dengan adanya teknologi ini Anda tidak perlu jauh-jauh menonton konser. Karena hanya dengan menonton konser dari video Youtube sudah bisa merasakan sensasi seperti berada di depan panggung dan di tengah-tengah penonton
  • Bagi para atlet teknologi ini sangat bermanfaat unutk mempelajari lawannya. Seperti yang dilakukan oleh tim Dallas Rugby yang menggunakan VR untuk latihan dan mempelajari para lawan.
  • Teknologi virtual reality bermanfaat untuk para pasien rehabilitasi stroke. Para pasien membayangkan bisa menggerakkan badannya. Hal ini bertujuan memberikan motivasi bagi para pasien.
  • Teknologi ini juga digunakan untuk menyembuhkan pascatrauma akibat perang dsb.
  • Bisa digunakan untuk melatih kepercayaan diri berpidato dan public speaking. Dengan alat ini, Anda seperti sedang berada di depan public/ penonton.
  • Di dunia kedokteran teknologi virtual reality digunakan untuk latihan operasi, tujuannya agar kemampuan akurasi para dokter semakin meningkat.
  • Teknologi ini bisa digunakan untuk melukis, seperti teknologi yang dirilis oleh Google yaitu Tils Brush yang bisa membantu melukis sesuai dengan keinginan.
  • Tidak hanya itu saja, teknologi ini digunakan untuk industry pornografi yang semakin revolusioner.

    Baca Juga: Teknologi VR Membuat Dunia Maya Nampak Seperti Nyata

Dengan adanya teknologi ini terbukti bahwa manusia mampu membuat sesuatu yang maya seperti realitas  Melalui teknologi virtual reality ini bermain game, nonton film dsb sudah bisa dinikmati dengan bentuk yang benar-benar mirip seperti kenyataan

Kemampuan manusia semakin berkembang tidak ada batas, bahkan sepertinya tidak ada yang tidak mungkin di masa depan. Namun penting untuk diingat bahwa teknologi akan berguna jika digunakan untuk hal-hal yang positif, termasuk teknologi VR.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *