Home Gadget Referensi Motherboard Untuk PC Intel dan AMD

Referensi Motherboard Untuk PC Intel dan AMD

by Erin Nuzulia
Motherboard

Harga Motherboard

VGA dan CPU sering mendapat perhatian lebih, tetapi motherboard merupakan bagian paling integral dari PC. Setiap bagian dari PC dihubungkan ke dalamnya, faktor bentuknya menentukan ukuran komputer, chipset, serta soket CPUnya menentukan jenis prosesor yang dapat diinstal.

Bagian pertama dari halaman ini berisi rekomendasi kami untuk mengetahui spesifikasi dan harga motherboard dengan soket LGA-1151 mainstream Intel. Ini termasuk papan yang dirancang untuk Generasi ke-9 Intel “Coffee Lake Refresh,” serta alternatif H370 yang lebih murah. Selain itu, nanti akan diulas juga motherboard untuk AMD.

Sebisa mungkin, saat memilih motherboard, pertimbangkan hal berikut. Dapatkan soket yang tepat untuk CPU baik Intel atau AMD, tetapi prosesor apa pun yang dipilih, pastikan papan tersebut memiliki soket yang benar untuk elemen pendukungnya. Chip AMD arus utama terbaru menggunakan soket AM4 CPU sementara Intel 8th Gen dan 9th Gen Core CPU membutuhkan soket LGA 1151v2.

Papan yang lebih kecil = slot dan fitur yang lebih sedikit. Motherboard tersedia dalam tiga ukuran utama. Dari yang terbesar hingga yang terkecil, ada ATX, Micro-ATX dan Mini-ITX. (mini lebih kecil dari mikro). Itu dapat digunakan dengan sasis yang lebih kecil berdasarkan papan mikro atau mini, tetapi harus puas juga dengan slot ekspansi kartu yang lebih sedikit, kadang-kadang slot RAM lebih sedikit, dan konektor lainnya.

Biaya untuk Wi-Fi bawaan dan port kelas atas hanya jika dibutuhkan. Jangan menghabiskan banyak hal ekstra untuk nirkabel jika menggunakan koneksi kabel. Hal itu dapat dibuktikan pada PC di kemudian hari dengan mendapatkan dukungan USB 3.1 Gen 2 dan / atau Thunderbolt 3.

Inilah beberapa motherboard Intel terbaik yang banyak beredar di pasaran:

  1. Gigabyte Z390 Designare
  2. ASRock Z390 Phantom Gaming ITX
  3. Gigabyte Z390 Gaming X
  4. ASRock H370M Pro4
  5. Gigabyte X299X Designare 10G
  6. ASRock X299E-ITX / AC
Baca Juga:  Spesifikasi dan Harga 4 Jenis Tablet Samsung

Motherboard

Sementara itu, untuk motherboard dengan spesifikasi AMD, X570 menghadirkan dukungan penuh untuk PCIe 4.0, termasuk perangkat yang terhubung dengan pengontrol PCIe berbasis-chipset dan berbasis-chipset, dan kecepatan transfer antara CPU dan chipset juga berlipat ganda. Ini dapat ditemukan di berbagai produk baru dari Asus, Gigabyte, dan MSI, tetapi hanya menerima beberapa model dalam harga-harga tertentu. Harga premium untuk model X570 juga menjadi perhatian, karena pendahulunya X470 tidak akan mendukung PCIe 4.0 yang terintegrasi ke dalam CPU baru. Jika suatu ketika mendapatkan CPU dan GPU, pemilik pasti juga ingin papan yang baru.

Inilah sebagian besar motherboard AMD terbaik yang banyak beredar di pasaran:

  1. ASRock TRX40 Taichi
  2. ASRock X570 Aqua
  3. Asus X570 ROG Crosshair VIII Hero Wi-Fi
  4. Gigabyte X570 Aorus Ultra
  5. MSI MPG X570 Gaming Plus
  6. Gigabyte X570-I Aorus Pro Wi-Fi
  7. Biostar Racing X470GT8
  8. ASRock Fatal1ty B450 Gaming-ITX / ac
  9. Asus ROG Zenith Extreme Alpha X399

Motherboard yang baik akan sangat mendukung kamu melakukan aktivitas sehari-hari. Mulai dari kegiatan kantoran sampai bermain game. Dengan menggunakan motherboard yang baik, tidak ada lagi gangguan seperti blue screen atau hanya sekadar lag. Pada masa kini, beragam situs jual beli online menyediakan berbagai macam motherboard yang dapat dibeli siapapun. Untuk mengetahui beragam motherboard selain yang sudah dipaparkan di atas, kamu bisa baca di sini  sebagai referensi lanjutan.

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More