Review Icon Aplikasi BBM

aplikasi bbm

BlackBerry Messenger atau lebih sering disingkat sebagai BBM merupakan salah satu aplikasi yang paling banyak dipakai untuk bersosialisasi di dunia maya. Nyaris tak ada orang yang tak pernah menggunakannya, dan bahkan yang tak memakainya sekalipun biasanya memiliki aplikasi tersebut di ponselnya. Baik Anda menggunakannya di ponsel BlackBerry itu sendiri ataupun di ponsel Android, kegunaan BBM tak bisa dipungkiri.

Salah satu hal yang paling sering ditanyakan oleh user yang menggunakan BBM adalah tentang bagaimana menghilangkan icon BBM itu dari bagian atas ponselnya, atau sebaliknya, bagaimana memunculkan icon tersebut. Tak sedikit orang yang menjadi jengkel karena icon BBM tersebut tak hilang-hilang, apapun yang dilakukan oleh mereka.

Tapi icon BBM ini sendiri memegang peranan yang penting, dan Anda sebaiknya tak menghilangkannya kalau memang tak terpaksa.

Tentang icon BBM, dan juga tentang BBM sendiri, ulasannya bisa dilihat di bawah ini:

  • Icon BBM harus ada

Bagaimana pun juga, BBM perlu untuk selalu berjalan sebagai background process kalau Anda ingin terus bisa mendapatkan notifikasi dari teman-teman maupun kolega Anda. Kalau Anda menghilangkannya, itu berarti Anda menutup aplikasi BBM tersebut, dan segala notifikasi yang mungkin Anda terima tak akan Anda dapatkan. Mungkin menjengkelkan untuk sebagian orang, tapi memang begitulah sistemnya.

  • Soal keamanan

Untuk keamanan sendiri, BBM sebenarnya merupakan salah satu aplikasi yang cukup aman lantaran sistemnya yang unik. Jadi, setiap pesan yang Anda kirimkan ke orang lain telah dienkripsi dan kemudian disimpan di dalam server RIM sendiri, yang merupakan milik BBM. Hanya RIM saja yang berhak untuk mengambil data Anda, dan bahkan pemerintah perlu izin khusus. Jadi setidaknya Anda bisa yakin soal keamanan data Anda di dalamnya.

  • Performa sempurna

Meskipun fitur-fitur dalam BBM mungkin masih kurang dibandingkan dengan aplikasi sosial lainnya, tak ada yang bisa menyangkal bahwa performa aplikasi ini sangatlah bagus. Cepat, stabil, dan jarang sekali mengalami glitch, Anda tidak akan mengalami masalah saat mengirim maupun menerima pesan.

Kekurangan

Meski BBM merupakan aplikasi chat yang menjadi pilihan bagi banyak orang sampai sekarang, tetap saja dia memiliki banyak kekurangan yang harus Anda perhatikan, apalagi sekarang setelah Anda memiliki banyak pilihan lain. Seperti:

    1. Tak adanya fitur untuk video calling, kecuali Anda menggunakannya di perangkat BB itu sendiri.
    2. Anda tak bisa mengakses akun BBM Anda di perangkat lainnya. Memang, ini membuat akun Anda lebih aman. Tapi ini juga merepotkan ketika Anda tidak membawa ponsel Anda, atau ponsel ketinggalan, dicuri, maupun Anda lupa mengisi ulang.
    3. Harus secara personal mengundang kontak Anda untuk menjadi teman di BBM. Jika di aplikasi lain, semua itu bisa diatur dengan mudah, di mana kontak yang Anda punya di dalam ponsel otomatis menjadi teman Anda. Jadinya, Anda harus repot mengundang satu-persatu.
    4. Beberapa fitur bisa menjadi menjengkelkan jika di-abuse oleh yang memakai. Pinging misalnya, berguna untuk mengingatkan teman Anda, tapi juga membuat ribut dan menghabiskan baterai.

Kesimpulan

BBM merupakan aplikasi yang menampakkan umurnya, dan merupakan pilihan yang sebenarnya masih bisa dikembangkan dan diperbaiki lagi. Anda memiliki banyak pilihan aplikasi chat lain yang tak kalah berguna dan cepat, sehingga satu-satunya alasan Anda memakai adalah karena masih banyak teman yang memakainya, dan orang susah untuk keluar dari itu.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *