Review Robot Canggih Telenoid RI

Telenoid R1 adalah android yang dikendalikan remote mirip manusia diciptakan oleh roboticist Jepang Hiroshi Ishiguro. Model R1, dirilis pada bulan Agustus 2010, kira-kira 80 cm, berat 5 kg dan terbuat dari karet silikon. Penggunaan utama dari robot canggih Telenoid R1 ini adalah pemancar audio dan gerakan melalui mana orang dapat menyampaikan pesan jarak jauh. Tujuannya adalah untuk pengguna untuk merasa seolah-olah mereka berkomunikasi dengan kenalan jauh. Kamera dan mikrofon menangkap suara dan gerakan dari operator yang diproyeksikan melalui Telenoid R1 kepada pengguna.

Telenoid R1, tidak seperti ¬†Geminoid HI-1 dan Geminoid F, dirancang untuk menjadi seorang tokoh ambigu. Robot canggih Telenoid R1 memiliki desain minimalis; kira-kira ukuran bayi dengan kepala botak, wajah seperti boneka, dan bertopik otomatis bukan senjata. Ini berisi 9 aktuator yang memungkinkan R1 memiliki 9 derajat kebebasan. Setiap mata bisa bergerak bentuk horizontal independen satu sama lain, tetapi gerakan vertikal mereka disinkronkan. Mulut mampu membuka dan menutup untuk meniru bicara. 3 aktuator di leher memberikan yaw, pitch, and roll rotasi untuk leher. Final dua aktuator digunakan untuk gerakan di lengan. Sebuah webcam atau perangkat video menangkap lainnya dapat merekam gerakan dan suara seseorang dan mengirim mereka ke R1 menggunakan koneksi Wi-Fi. Beberapa gerakan dan ekspresi pra-diprogram ke dalam Telenoid R1. Beberapa ini perilaku dikontrol mengatakan bye, menjadi bahagia, dan memberi isyarat untuk pelukan. tindakan lain yang acak seperti itu bernapas dan berkedip yang memberikan R1 rasa menjadi “hidup.”

Robot canggih ini Telenoid RI mampu berinteraksi dengan pemilik seolah-olah itu adalah orang yang mengirim pesan. Para peneliti bersama bahwa mereka berharap Telenoid R1 akan digunakan terutama sebagai alat komunikasi yang dapat diterapkan untuk bekerja, pendidikan, dan perawatan lansia.

Telenoid R1 menggunakan motor DC sebagai aktuator dan karena tubuhnya lebih kecil,. Hal ini membantu untuk mengurangi pengembangan dan produksi biaya untuk otomat. Sebuah versi robot yang digunakan untuk penelitian biaya sekitar $ 35.000 sedangkan versi komersial biaya sekitar $ 8.000.

Hiroshi Ishiguro menciptakan robot dengan penampilan yang mencerminkan sendiri, Geminoid HI-1. Bahan-bahan untuk robot ini termasuk rambut Ishiguro sendiri bersama dengan karet silikon, aktuator pneumatik, dan berbagai komponen elektronik. Tujuan untuk HI-1 adalah untuk meniru tindakan manusia. Ini tidak bisa bergerak dengan sendirinya, tetapi bukan jarak jauh dioperasikan oleh Ishiguro. Suara Ishiguro ditangkap oleh mikrofon sementara gerakan wajah-Nya dicatat oleh kamera. HI-1 mampu meniru tindakan yang dilakukan oleh operator. Ketika ditanya tujuan dari robot mirip manusia, Ishiguro menjawab dengan “pertanyaan penelitian saya adalah untuk mengetahui apa yang manusia.” [5] Ishiguro berharap untuk menggunakan HI-1 sebagai cara untuk menguraikan perasaan berada di hadapan manusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *