Review Robot Tercanggih QRIO & AIBO

ROBOT QRIO:

QRIO  adalah salah satu robot tercanggih humanoid bipedal hiburan yang  dikembangkan dan dipasarkan (tapi tidak pernah dijual) oleh Sony untuk menindaklanjuti keberhasilan robot hiburan AIBO nya. QRIO mempunyai panjang sekitar 0,6 m (2 kaki) tinggi dan beratnya 7,3 kg (16 pon). slogan QRIO adalah “Membuat kehidupan menyenangkan, membuat Anda bahagia!”

Pada tanggal 26 Januari 2006, pada hari yang sama dengan mengumumkan penghentian atas AIBO dan produk lainnya, Sony mengumumkan bahwa mereka akan menghentikan pengembangan QRIO. Sebelum itu dibatalkan, QRIO dilaporkan akan melalui berbagai pengembangan, pengujian dan skalabilitas fase, dengan maksud menjadi komersial dalam waktu tiga atau empat tahun.

Pengembangan

Prototipe QRIO sebagai salah satu robot tercanggih di masanya dikembangkan dan diproduksi oleh Sony Intelligence Dynamics Laboratory, Inc. Jumlah prototipe ini keberadaannya tidak diketahui.  Sepuluh QRIO telah terlihat melakukan rutinitas tarian bersama-sama; ini dikonfirmasi oleh perwakilan Sony di Museum of Science di Boston, MA pada 22 Januari 2006. Banyak video ini dapat ditemukan di web.

Empat generasi keempat QRIO prototipe robot yang ditampilkan menari di video musik Hell Ya oleh artis rekaman Beck. Prototipe ini tidak memiliki kamera ketiga di tengah dahi dan tangan ditingkatkan dan pergelangan tangan yang ditambahkan ke prototipe kemudian. Butuh waktu tiga minggu untuk memprogram koreografi mereka.

Baca Juga: Asimo, Robot Tercanggih Di Dunia Saat Ini

QRIO mampu bersuara dan mengenali wajah, sehingga mampu mengingat orang secara suka dan tidak suka. Sebuah video di situs QRIO ini menunjukkan Qrio berbicara dengan beberapa anak. QRIO dapat dijalankan pada 23 cm / s, dan masuk dalam Guinness World Records (edisi 2005) sebagai robot bipedal pertama yang mampu berjalan. Baterai internal 4 generasi QRIO ini berlangsung sekitar 1 jam. Pada tahun 2005, empat robot QRIO muncul dalam video musik untuk “Hell Ya” oleh Beck. Robot menari bersama musik.

Robot AIBO:

AIBO adalah robot tercanggih yang bisa dijadikan robot hewan peliharaan yang dirancang dan diproduksi oleh Sony. Sony mengumumkan sebuah robot prototipe pada pertengahan tahun 1998. Model pertama diperkenalkan pada 11 Mei 1999. Model-model baru yang dirilis setiap tahun sampai tahun 2005. Meskipun kebanyakan modelnya  seperti anjing.

AIBOs dipasarkan untuk keperluan rumah tangga sebagai “Entertainment Robot”. Mereka juga banyak diadopsi oleh perguruan tinggi untuk tujuan pendidikan (mis Robocup) dan penelitian robotika dan interaksi manusia dan robot. AIBO telah digunakan di banyak film, video musik dan kampanye iklan sebagai ikon futuristik.

Pada 26 Januari 2006 Sony mengumumkan bahwa mereka akan menghentikan AIBO dan beberapa produk lainnya. Hal ini juga menghentikan pengembangan robot QRIO. Pada tahun 2006, AIBO ditambahkan ke dalam Robot Hall of Fame Carnegie Mellon University dengan deskripsi “Sony AIBO merupakan produk yang paling canggih yang pernah ditawarkan di pasar robot konsumen.”

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *