Robot Tercanggih Di Dunia Yang Mirip Manusia

Saat ini sudah banyak inovasi robot canggih yang bisa membantu pekerjaan manusia. Yang dimaksud dengan robot tercanggih adalah robot yang bisa dilihat kemampuannya dalam hal melakukan pekerjaan tanpa harus dikontrol oleh manusia.

Beragam film hingga mainan dengan tema robot sudah banyak dibuat, hal tersebut menunjukkan bagaimana para ahli sedang berusaha membuat robot dengan bentuk manusia yan super canggih. Robot yang mirip manusia disebut humanoid, dengan teknologi yang semakin canggih sedikit demi sedikit humanoid sudah mampu mengerjakan pekerjaan yang biasanya dikerjakan oleh manusia.

Berikut ini 5 robot tercanggih humanoid yang sedang dalam proses pengembangan. Bisa jadi robot-robot ini yang akan memicu lahirnya jaman robot canggih dan modern.

Asimo

Advanced Step in Innovative Mobility atau Asimo merupakan robot humanorid pertama yang menarik perhatian manusia. Tinggi Asimo 3 kaki, bentuknya mirip seperti astronot. Di bagian hardware-nya terdapat sensor yang bisa bekerja selama beberapa jam untuk pengisian baterai satu kali. Kemampuan Asimo adalah naik turuntangga, mengambil benda dan memanipulasi objek. Tidak hanya itu, kemampuan berlarinya bisa sampai kecepatan 3,7 mil per jam.

Di bagian software, robot ini bisa merespon perintahsuara dan mengidentifikasi gerakan tangan. Selain itu ia bisa berbicara dan menunjukkan navigasi pada peta. Kheren sekali! Benar-benar mirip manusia.

Baca Juga: 4 Robot Tercanggih Di Dunia

Petman

Protection Ensemble Test Mannequin atau Petman adalah produk dari boston dynamics yang merupakan mantan kontraktor dari DARPA. Kemudian dibeli oleh perusahaan raksasa Google. Video milik Boston Dynamics yang memperlihatkan robot anjing bernama BigDog pernah terkenal.

Petman adalah robot yang didesain khusus untuk menguji hazmat suits yang digunakan militer. Fitur yang terdapat pada Asimo sudah diadaptasi dan dikembangkan di Petman, seperti kulit, tangan dan penglihatannya. Bahkan robot ini sudah memiliki kaki yang seimbang dan bisa berjalan layaknya manusia. Tidak salah jika robot ini menjadi salah satu robot terbaik di masa yang akan datang.

Nao

Konsepnya sama dengan Asimo, memiliki kemampuan berjalan dengan stabil dan melakukan sesuai dengan perintah yang sudah diprogramkan. Perbedaannya Nao dengan Asimo adalah dari segi ukurannya. Robot Nao ukurannya lebih besar dengan sensor yang tajam. Lengannya bisa bergerak nyaris sempurna. Softwarenya semakin canggih bahkan semua orang bisa menjadi programming dengan menuliskan program atau dengan pemicu berupa input suara. Nao pernah menjadi platform resmi di pertandingan robot sepakbola.

Martin Kelly

Ketiga robot yang sudah kita bahas sebelumnya memiliki kemampuan yang sangat mengagumkan namun dari segi tampilan, ukuran belum terlihat seperti manusia. Berbeda dengan martin Kelly yang memiliki wajah mirip manusia, mulai dari gerak otot tulang wajah hingga ekspresi sedih maupun senang.

Selain keempat robot tersebut, masih banyak robot tercanggih lainnya yang membuat kita terkagum-kagum dengan kemampuannya.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *