Robot Tercanggih Yang Bisa Membantu Pekerjaan Sehari-Hari

Negara Jepang terkenal dengan teknologinya yang canggih khususnya dalam hal robotic. Bahkan di negara Sakura tersebut beberapa pekerjaan manusia sudah dibantu dikerjakan oleh robot. Ada banyak inovasi dari negeri Jepang yang menghasilkan robot tercanggih yang dapat melakukan beberapa aktivitas seperti manusia. Penasaran robot apa saja yang masuk ke dalam predikat tersebut? Yuk, langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Robot Hina

Robot yang satu ini memiliki kemampuan membuat kopi, cocok bagi para penggemar kopi mania.  Robot yang diberi nama Hina ini dibuat oleh seorang warga Jepang bernama Clock Work (nama samaran). Dinamakan Hina karena karakternya mirip karakter tokoh manga dan merupakan modifikasi dari robot Kondo KHR 2HV.

Hana memiliki tinggi 36cm dengan berat 1,1kg bisa dikendalikan dari jarak jauh menggunakan remote control. Robot ini memiliki 20 motor untuk menggerakkan tubuhnya.

Robot Yaskawa-Kun

Hampir semua anak-anak menyukai es krim, apalagi penjualnya adalah robot lucu bernama Yaskawa-kun. Robot penjual es krim ini beraada di sebuah taman, tepatnya di Tokyo Summerland. Sama seperti manusia, robot ini akan membuat pesanan es krim bila ada yang memesan dan membayar. Bedanya pemesanan dilakukan melalui layar sentuh yang disediakan.

Robot Motoman

Robot tercanggih buatan perusahaan Yaskawa Electric memiliki kemampuan memasak makanan favorit warga Jepang yaitu Okonimiyaki. Sebenarinya tujuan awal diciptakan robot ini adalah untuk merakit kamera digital disposable namun ternyata Motoman pandai juga memasak.

Baca Juga: 4 Robot Tercanggih Di Dunia

Robot ini memiliki tinggi 135cm dengan berat 220kg, memiliki dua tangan yang panjang sehingga jangkauannya sangat luas. Robot ini sangat cekatan mengolah bahan-bahan menjadi Okonimiyaki.

Robot Ninomiya-Kun

Robot yang satu ini kemampuannya super canggih, ia bisa membaca buku melalui kamera yang dilihat di matanya. Ninomiya-kun bisa membaca seluruh buku bacaan hingga koran dan majalah dari awal hingga akhir. Caranya, buku yang akan dibacakan disimpan di tempat yang disediakan lalu dengan teknologi mekanik setiap lembaran halaman akan dibalik secara otomatis.

Robot ini dapat mengenali 2000 huruf kanji, huruf hiragana dan katakana. Untuk kedepannya robot ini diharapkan dapat mengenali lebih banyak huruf dan suaranya lebih memiliki perasaan seperti manusia (tidak mengeluarkan suara seperti robot).

Robot buatan Waseda University di Jepang ini memiliki tinggi 1 meter dengan berat 25kg. Dengan adanya robot ini diharapkan dapat membantu dan berguna bagi orang yang memiliki kesulitan membaca. Selain itu robot ini bisa digunakan oleh orang tua yang malas membacakan buku cerita sebelum tidur ke anaknya.

Masih banyak inovasi robot tercanggih buatan Jepang lainnya  yang tidak kalah menarik dengan robot-robot yang sudah kita bahas di atas. Seperti robot Riba (dapat menggendong pasien rumah sakit), robot Apripoko, robot barmaid yang bisa menggantikan tugas bartender dan masih banyak lainnya.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *