Robotteknologi Super Canggih Untuk Perang Buatan Rusia

Saat ini robotteknologi digunakan untuk kegiatan militer, bahkan diantaranya sukses dioperasikan oleh tentara dan sudah lolos melewati tahap uji coba. Dalam artikel ini kami akan memberikan informasi lima robot  buatan Rusia yang paling menjanjikan dalam pengembangan teknologi persenjataan.

Kementrian pertahanan Rusia menegaskan tentang konsep pengembangan sistem robotic dan fungsinya dalam bidang militer. Berdasarkan informasi dari kementrian pertahanan robotteknologi super canggih tersebut akan masuk ke dalam perbendaharaan sejata pada tahun 2017-2018. Menjelang tahun 2025 robot-robot tersebut akan mengisi 30% dari keseluruhan teknologi persenjataan militer rusia. Berikut ini ulasan robot-robot militer dari Rusia yang super canggih.

Robot Tempur Platform-M

Robot ini dirancang untuk bertempur tanpa harus kontak langsung dengan musuh. Produsen robot senjata ini merancang Platform-M sebagai instrument perang yang mampu bertugas sebagai pengintai, patrol sekaligus menjaga/ mengamankan objek-objek penting. Sistem persenjataan yang ada di dalanya bisa digunakan sebagai serangan tembak dan bekerja otomatis tanpa campur tangan manusia.

Ukurannya kecil namun menakutkan, sudah dilengkapi senjata pelontar granat dan senapan otomatis. Bahkan senjata ini sudah membuktikan kehebatannya di Kaliningrad.

Kompleks Robot Bergerak Volt-2

Volk-2 atau disebut serigala 2 adalah salah satu pasukan robot yang bertugas perang, sama seperti platform-M. Namun, volk 2 lebih berat dankuat dibandingkan dengan beratnya platform-M 800 kilogram. Kendaraan tanpa awak ini bisa disalurkan melalui radio dari jarak sampai 5 kilometer.

Baca Juga: Tiga Jenis Robot Terbaru Yang Super Canggih

Volk-2 memiliki sasis roda rantai dan kemampuan mejelajah. Jalanan berkontur kasar tidak akan mempengaruhi kecepatan senjata ini. Bahkan dalam uji coba volk-2 mampu berakselerasi ketika berada di medan jalan berlumpur dan sulit dilalui akibat es mencair.

Robot ini juga dipersenjatai dengan senapan mesin Kalashnikov dan senapan dengan caliber besar seperti utes dan kord. Kecanggihan robot ini terbukti juga dengan kemampuannya menembak sambil bergerak dengan kecepatan hingga 35 kilometer perjam dalam kondisi cuaca dan waktu. Ketepatan menembak yang dimiliki dijamin oleh penglihatan panas, laser mengukur jarak dan hidrostabilisator. Selain itu robot ini sudah dilengkapi dengan baja khusus.

Saat ini Volk-2 masih menjalankan proses uji coba. Kelak robot ini suatu saat akan digunakan sebagai divisi roket strategis dan penjaga sistem peluncuran rudal balistik Topol-M dan Yars.

Pencari Ranjau Uran-6

Robot multifungsi ini bisa menggantikan tugas 20 tentara pencari ranjau. Robot yang dikendalikan dari jarakjauh ini sudah dilengkapi dengan peralatan kerukan bulldozer dan pelacak ranjau di lokasi yang berbahaya. Tidak hanya menemukan, robot pintar ini bisa menetralkan bahan peledak yang tidak teraktivasi.

Spesifikasi Uran-6 mampu menetralkan barang yang mudah meledak dengan kekuatan yang setara dengan 60 kilogram TNT. Saat ini robotteknologi ini sedang dalam masaji coba di subjek federal republic Chechnya yaitu di gunung raksasa tepatnya di wilayah Vedenskiy.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *