Satelit Palapa D, Satelit Telekomunikasi Terbaik dari Indonesia

Satelit Palapa D, Satelit Telekomunikasi Terbaik dari Indonesia

Satelit Palapa d merupakan salah satu jenis satelit yang dimiliki oleh sebuah provider telekomunikasi di Indonesia, yang diluncurkan pada tanggal 31 Agustus 2009. Satelit ini sendiri dirancang oleh sebuah perusahaan teknologi yang berasal dari Perancis dengan tujuan peluncuran adalah untuk menggantikan satelit Palapa C2, yang memiliki orbit pada Geo stationer, pada garis orbit 113 derajat BT, yang memang pada saat itu akan habis masa orbitnya, yaitu pada tahun 2011. Proyek satelit d ini, telah digagas dan dirancang sejak tahun 2004, dan telah ditawarkan ke beberapa perusahaan internasional untuk dapat merancangnya dan meluncurkannya.

 Satelit Palapa D, Satelit Telekomunikasi Terbaik dari Indonesia

Dari proses penawaran yang diberikan oleh perusahaan provider telekomunikasi Indonesia tersebut, kepada Internasional yang memang memiliki bidang kerja khusus pada pembuatan satelit, maka ditunjuklah perusahaan dari Perancis sebagai pembuat dan peluncur dari satelit Palapa seri d tersebut. untuk roket peluncur sendiri, satelit Palapa yang satu ini berdasarkan kesepakatan dari perusahaan pembuat dan perusahaan provider asli Indonesia ini, memilih roket peluncur yang dimiliki oleh sebuah perusahaan Cina. Pemilihan ini merupakan sebuah kebebasan yang dimiliki oleh Indonesia, karena satelit Palapa ini dibuat tanpa menggunakan komponen dari negara Amerika, sehingga tidak dibatasi dengan peraturan lalu lintas Internasional Amerika.

 

Berikut ini fase-fase peluncuran satelit Palapa D ke ruang angkasa, sebagai sebuah satelit komunikasi terbaik di Indonesia, yang antara lain adalah:

Baca Juga : Fungsi Satelit Palapa D 

  • Satelit Palapa ini diluncurkan di daerah 64 km barat laut dari kota Shincuang, Cina dengan menggunakan alat peluncur miliki Cina, pada tanggal 31 Agustus 2009 pukul 16.28 WIB.
  • Walaupun satelit ini diluncurkan di Cina, namun kendali dari satelit yang satu ini tetap berada pada pusat kendali di Indonesia, tepatnya di pusat kendali Bumi Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat.
  • Pada peluncuran tersebut, satelit Palapa seri D ini sempat gagal dan tidak berada pada jalur orbitnya, namun oleh teknisi dari perusahaan pembuat satelit asal Perancis yang mendesain dan membuat satelit ini, kesalahan tersebut kemudian diperbaiki, hingga beberapa jam setelah peluncuran terjadi, satelit dapat berada pada medan orbit yang sebenarnya.

 

Berdasarkan design yang diberikan oleh perusahaan pembuat satelit asal Perancis tersebut, satelit komunikasi yang dimiliki oleh perusahaan komunikasi di Indonesia ini, memiliki daya tahan kerja hingga mencapai 15 tahun. Model dari satelit ini sendiri dibuat berdasarkan platform Spacebus-4000B3, yang memiliki space lebih besar dari satelit Palapa C2, yang merupakan seri sebelumnya.

 

Satelit Palapa D ini merupakan satelit komunikasi yang saat ini digunakan oleh sebuah provider telekomunikasi di Indonesia, untuk memberikan layanan telepon seluler, telepon tetap serta jaringan internet bagi masyarakat Indonesia secara menyeluruh. Meskipun dimiliki oleh sebuah perusahaan provider telekomunikasi tertentu di Indonesia, namun layanan telekomunikasi dengan pemanfaatan satelit tersebut dapat dinikmati oleh masyarakat Indonesia secara menyeluruh.

 

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *