Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi di Indonesia

Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi di Indonesia

Teknologi informasi menjadi sangat penting saat ini untuk mengetahui berbagai perkembangan yang sedang terjadi. Informasi membuat banyak orang mengetahui banyak hal. Dengan adanya informasi seseorang akan dibekali pengetahuan dan mengetahui hal-hal yang seharusnya tidak perlu diketahui oleh orang lainnya sesuai dengan umur. Perkembangan teknologi informasi tentunya dimulai dengan penemuan radio, ditemukannya kamera, gambar bergerak dan televisi. Perkembangan ini pun tergantung ini berbeda di setiap negara hal ini tidak dapat disamakan. Begitu juga dengan perkembangannya di Indonesia yang berbeda dengan negara luar dan membuat Indonesia terus meningkatkan teknologi informasi untuk menunjang setiap kebutuhan masyarakatnya.

Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi di Indonesia 

Berikut adalah sejarah teknologi informasi di Indonesia diantaranya:

  • Perkembangan televisi dengan adanya stasiun televisi nasional yaitu Televisi Republik Indonesia (TVRI) pada 24 Agustus 1962 dan perkembangannya ditandai dengan stasiun televisi lokal maupun nasional swasta dan berkembangnya saluran televisi digital dan berlangganan.
  • Peluncuran berbagai satelit dengan Sistem Komunikasi Satelit Domestik (SKSD) pada tahun 1975 dan selesai 1976 dan memiliki nama satelit PALAPA A1 dari Kennedy Space Center. Lalu diluncurkan satelit lain seperti PALAPA A-2 (1977), PALAP B-1 (1983), PALAPA B-2 (1984), PALAPA B-2P (1987), PALAPA B-2R (1990), PALAPA B-4 (1992), PALAPA C-1 (1996), PALAPA C-2 (1996), Indostar/Cakrawarta I (1997), Satelit TELOM 1 (1999), Garuda 1 (2000), TELKOM 2 (2005), INASAT 1 (2006), LAPAN-TUBSAT (2007), Indostar/Cakrawarta II (2009) dan PALAPA D (2009).

Selain diatas, ada juga perkembangan teknologi komputer dan jaringan internet yang diperkirakan pada waktu 1970an. Universitas Indonesia menjadi salah satu perguruan tinggi pertama yang memperkenalkan komputer di Indonesia. Tahun 1972-1986 dengan adanya PUSILKOM UI yang mengirim dua staf untuk studi tentang ilmu komputer. Tahun 1986-1988, mulai terbentuk hubungan antar kampus dan jaringan besar pertama disebut UNINET. Pada tahun 1997, kualitas layanan mengalami kenaikan menjadi 56Kbps.

Teknologi informasi dalam beberapa bidang diantaranya:

  • Bidang pemerintahan, dengan adanya layanan website terpadu, akun sosial media pemerintah, dan akun kepala pemerintah membuat beberapa permasalahan dapat mudah dilaporkan langsung pada instansi terkait.
  • Bidang keuangan dan perbankan, hal ini untuk membuat layanan yang cepat dan responsif dan memungkinkan adanya layanan e-banking, mobile banking, transfer antar negara dan masih banyak lagi yang dapat dilakukan.

Selain beberapa diatas, digunakan juga dalam bidang pendidikan untuk memampukan proses pembelajaran lebih cepat dan mempermudah peserta mempelajari materi. Perkembangan teknologi informasi juga digunakan dalam bidang kesehatan untuk memampukan penanganan terhadap penyakit dan memampukan koneksi antar rumah sakit lebih mudah. Digunakan juga dalam bidang bisnis untuk memudahkan transaksi dan juga pemasaran produk maupun barang yang akan dijual. Perkembangan ini membuat teknologi menjadi sebuah pertimbangan dalam membeli beberapa alat elektronik.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *