Sejarah Robot Teknologi di Indonesia dan Beberapa Contoh Produknya

Teknologi sekarang ini berkembang sangat maju di depan, bukan hanya dalam hitungan tahun saja tetapi setiap hari teknologi berkembang dan menggantikan teknologi lama yang dirasa kurang efektif. Sehingga banyak teknologi yang tergilas dengan teknologi baru apabila tidak mampu berinovasi menyesuaikan dengan kebutuhan pasar yang peminatnya mempunyai permintaan sangat beragam. Salah satu teknologi yang ada adalah robot yang merupakan teknologi canggih yang dapat menyerupai manusia dan juga hewan. Robot teknologi tersebut berasal dari bahasa Ceko yang berarti pekerja.

Robot sendiri memang merupakan suatu perangkat mekanik yang dapat untuk menggantikan tugas manusia untuk tugas fisik yang bisa diawasi oleh pemiliknya. Ada banyak program yang ada dalam robot yang semuanya berfungsi agar ia bertindak secara efektif sesuai dengan kemauan penggunanya. Ada banyak jenis robot yang ada di dunia saat ini, bahkan di negara maju seperti Amerika atau Jepang banyak robot yang telah digunakan untuk bekerja sebagai pelayan restoran baik untuk melayani tamu yang datang dan juga bahkan menjadi koki untuk menyediakan makanan. Selain itu robot tersebut banyak digunakan untuk bidang kedokteran, militer, pertanian, dan masih banyak bidang lainnya.

Baca Juga: Mengenal Serba-serbi Robot Teknologi Forex

Untuk sejarah robot teknologi di Indonesia dimulai pada tahun 1980. Dimana ada kebijakan nasional yang dapat untuk mengembangkan riset teknologi bagi masyarakat yang tertarik dengan teknologi robot. Untuk dapat mensukseskan program tersebut, kemudian dibangun laboratorium di Indonesia seperti MEPPO di LIPI. Pembangunan tersebut diprakarsai oleh banyak pihak dari BPPT, ITB, LET, dan juga industri strategis.

Sejak dibangunnya laboratorium tersebut, ada banyak macam mesin otomatis atau robot yang berhasil tercipta atau dikembangkan dari tempat tersebut. Robot yang berhasil tersebut bahkan berhasil dijual dan dikomersilkan ke banyak industri yang ada di Indonesia. Saat ini sendiri Indonesia sedang mengembangkan teknologi robot yang bisa untuk mengontrol seluruh sistem operasi yang diperlukan dalam sebuah pabrik. Sehingga ia bisa menjadi pengawas yang efektif untuk pabrik dan akan menghemat lebih banyak dana yang harus dikeluarkan oleh perusahaan. Pengembangan teknologi robot ini juga mulai ditularkan dan memberikan kesempatan untuk mahasiswa agar dapat menunjukkan bakatnya dengan adanya kontes robot Indonesia (KRI) yang diselenggarakan oleh pemerintah semenjak tahun 1993. Dimana untuk pemenangnya akan mendapatkan kesempatan berkompetisi di kelas internasional.

Anak negeri sendiri telah berhasil membuat beberapa robot teknologi yang tidak kalah dari negara lain. Beberapa jenis robot yang dibuat oleh anak bangsa tersebut adalah:

  1. Robot gegana adalah robot yang berhasil dibuat oleh Tim Penjinak Bom, Polri.
  2. Robot Tempur TNI Angkatan Darat.
  3. Robot Moro dari Lipi.
  4. Robot Pemadam api beater.
  5. Robot aurora oleh Yohanes Surya.
Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *