Sekilas Mengenai Kontes Robot yang Ada di Indonesia

Robot adalah alat yang dibentuk sebagaimana rupa sehingga bisa untuk menyerupai bentuk manusia dan juga bisa melakukan hal-hal yang dilakukan oleh manusia. Tetapi bukan hanya bentuk manusia saja, robot juga bisa dibentuk menyerupai macam lainnya seperti binatang dan benda yang lain. Sekarang ini robot banyak digunakan di negara maju seperti Jepang untuk dapat membantu pekerjaan masyarakat sehari-hari. Sedangkan di Indonesia, walaupun masih dalam tahap negara berkembang tetapi banyak juga yang tertarik dengan robot dan cara membuatnya. Salah satunya dengan adanya kontes robot yang ada di Indonesia.

Kontes membuat robot tersebut adalah kontes yang diadakan setiap tahunnya dan bisa diikuti oleh mahasiswa dari berbagai kampus di Indonesia. Kontes tersebut diprakarsai atas ide dan juga diselenggarakan oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Indonesia. Dimana mempunyai banyak sekali tujuan yang ingin dicapai dengan mengadakan kontes membuat robot ini secara rutin tiap tahunnya. Tujuan utama dari pemerintah mengadakan kejuaraan robot tersebut adalah dapat untuk melihat bakat mahasiswa dalam pengembangan teknologi membuat robot.

Kejuaraan kontes robot Indonesia tersebut telah dimulai semenjak tahun 1993 dan mempunyai tujuan seperti:

  • Dpat untuk menumbuhkan kreatifitas mahasiswa yang belajar di Perguruan Tinggi.
  • Dapat untuk mengaplikasikan pelajaran IPTEK yang telah didapatkan di bangku kuliah dan mempraktekkannya secara langsung.
  • Dapat untuk meningkatkan kepekaan dalam bidang robotika.
  • Dapat untuk membudayakan iklim persaingan dalam kompetisi yang sportif dan juga unsur positif di tingkat perguruan tinggi.
  • Dapat untuk meningkatkan kepekaan terhadap seni dan budaya yang ada dalam Indonesia.
  • Dapat untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa mengenai aplikasi dan juga juga teknologi mutakhir yang ada.
  • Dapat untuk mengetahui bakat yang ada dari berbagai daerah dilihat dari tingkat dan daerah yang mengikuti kontes membuat robot tersebut.
  • Dapat untuk menjadi duta bangsa yang akan mewakili Indonesia maju di tingkat kejuaraan robot yang ada di dunia.

    Baca Juga: Informasi Lengkap Terkait Kontes Robot Indonesia

Untuk mengikuti kontes ini, ada pembagian 4 wilayah tingkat regional yaitu:

  • Tingkat regional 1 adalah kampus yang ada di Sumatera dan sekitarnya.
  • Tingkat regional 2 dapat diikuti kampus di Jawa bagian Barat, sebagian Kalimantan, dan Sulawesi.
  • Tingkat regional 3 meliputi Jawa Bagian Tengah, Kaltim, dan Kalsel.
  • Tingkat regional 4 meliputi Jawa Bagian Timur, Bali, Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua.

Dengan adanya kejuaraan kontes robot Indonesia yang bisa diikuti oleh semua mahasiswa dari berbagai kampus tersebut diharapkan dapat untuk mengetahui bakat robotika yang ada di Indonesia. Dengan begitu nantinya akan ada perwakilan yang dapat untuk mewakili Indonesia di tingkat robot internasional. Dimana sekarang ini robot memang teknologi yang sudah tidak asing lagi digunakan untuk membantu kegiatan manusia menjadi lebih mudah dan efektif.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *