Sekilas Tentang Uang digital

Era digital merubah segalanya. Digitalisasi pada segala aspek bidang membuat pola-pola manusia mulai mengalami pegeseran. Manusia lebih senang dimanjakan, dan selalu berharap semua bisa dilakukan dengan praktis dan instant. Kenyataan ini, memicu berbagai macam perubahan di masyarakat kita. Masyarakat tentu akan semakin abai dengan berbagai macam alat yang merepotkan. Tak terkecuali, hal itu juga berlaku untuk alat tukar transaksi seperti uang. Uang kini telah mengalami sebuah evolusi perubahan. Uang kini hadir dalam bentuk abstrak yang bisa digunakan tanpa wujud fisik. Uang ini dinamakan sebagai uang digital. Atau dikenal sebagai E-money. Uang digital ini fungsinya sama dengan uang biasa, namun, penggunaannya masih terbatas pada wahana-wahana lanskap digital. Tentu saja anda tak bisa membeli barang di toko kelontongan dengan menggunakan uang digital.

Selain itu, sifat dari uang digital ini adalah setored value, alias anda harus menyetorkan terlebih dulu pada salah satu vendor digital untuk membuat rekening uang digital.

Keuntungan menggunakan uang digital

  1. Anda menjadi semakin mudah dalam melakukan transaksi. Karena sifat digital memang secara real time dan intanst. Anda tak perlu repot lagi menghitung uang berjumlah banyak ketika ingin membeli sesuatu.
  2. Anda tak lagi direpotkan atau dikecewakan oleh uang kembalian. Barangkali anda pernah ketika berbelanja mendapatkan uang kembalian koin atau receh. Atau bahkan yang paling membuat sebal adalah kembalian dengan beberapa buah permen.
  3. Sangat berguna sekali bagi kegiatan transaksi massal yang jumlahnya kecil namun frekwensinya tinggi sekali. Seperti misalnya membayar tariff tol, tariff parker atau bahkan membeli fast food dengan layanan drive thrue. Uang digital sangat applicable sekali untuk kegiatan-kegiatan ini.

Uang digital secara garis besar dibagi menjadi dua jenis produk bila dilihat dari medianya.

  • Prepaid card

Media uang digital yang satu ini juga sering disebut sebagai electric purses. Secara umum ia memiliki karakteristik sebagai berikut

-hadir dalam bentuk kartu yang di dalamnya terkandung sebuah chips yang menyimpan data nilai uang digital tersebut. Dalam tersebut tertanam pada chip tersebut. Hampir sama pada kartu perdana provider pulsa yang mengandung jumlah uang pulsa.

-untuk melakukan tranksasi dengan media ini, anda hanya perlu menggesekkannya atau memasukkannya pada sebuah alat tertentu atau yang sering disebut sebagai card reader.

  • Prepaid Software

Sedangkan untuk meda uang digital jenis satu ini, ia lebih sering dikenal sebagai digital cash. Ia memiliki karakteristik sebagai berikut:

  • Ia hadir dalam data digital yang tersimpan dalam sebuah perangkat keras, seperti hardisk atau PC (Personal Computer). Data nilainya tersimpan didalamnya.
  • Sedangkan untuk proses pertukaran atau transaksi, bisa dilakukan dengan jaringan internet.

Nantinya, uang digital akan menjadi alat utama untuk kegiatan transaksi e-commerce.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *