Selain Menguntungkan, Teknologi Internet Ternyata Juga Dapat Digunakan untuk Melakukan Kejahatan

Selain Menguntungkan, Teknologi Internet Ternyata Juga Dapat Digunakan untuk Melakukan Kejahatan

Banyak dari orang Indonesia yang merasa bahwa perkembangan teknologi dan juga internet membawa berbagai hal yang baik dan menguntungkan untuk mereka, terutama jika digunakan setiap harinya, pastinya segala hal yang mereka lakukan dan kerjakan akan semakin terasa mudah. Apalagi jika sekarang ini mereka dapat mengakses internet dimana pun dan juga kapan pun yang diinginkan dengan menggunakan gadget mereka. Namun selain menguntungkan, ternyata dengan adanya teknologi internet yang semakin canggih, maka hal ini dapat digunakan oleh berbagai oknum yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan berbagai kejahatan yang sudah pasti akan merugikan Anda. Oleh karena itu, para pengguna internet dihimbau untuk menggunakannya dengan baik dan juga berhati-hati. Serta Anda juga harus mengetahui beberapa jenis kejahatan yang paling sering terjadi dan menimpa beberapa penggunanya di Indonesia. Berikut inilah beberapa jenisnya yang harus Anda waspadai:

Selain Menguntungkan, Teknologi Internet Ternyata Juga Dapat Digunakan untuk Melakukan Kejahatan  

  • Spoofing E-mail

Jenis kejahatan pertama yang paling sering terjadi pada masyarakat Indonesia adalah spoofing E-mail. Yang dimaksud dengan spoofing adalah dimana alamat e-mail Anda dipalsukan dan digunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab dan bertindak seolah-olah Anda yang mengirimkan pesan tersebut pada orang lain. Hal ini bisa ditandai dengan masuknya email balasan yang tidak pernah Anda kirimkan, namun ada balasannya. Jika demikian, pastikan untuk mengganti password dan juga menggunakan otentifikasi ganda agar lebih aman dan terhindar dari masalah ini. 

  • Hack WiFi

Untuk masalah satu ini memang sering sekali terjadi pada masyarakat Indonesia, terutama pada mereka yang tinggal di tempat yang padat akan penduduknya. Sering kali para oknum yang tidak bertanggung jawab menggunakan teknologi internet untuk melakukan hack pada perangkat WiFi agar mereka juga dapat menggunakan layanannya secara gratis dan sesuai dengan apa yang diinginkan. Jika demikian, pastikan untuk mereset passwordnya setiap beberapa waktu sekali agar tidak mudah lagi diretas. Pilihlah password yang cukup sulit juga. 

  • Menyadap Ponsel dan Komputer

Kejahatan yang satu ini juga sering kali ditemukan dan dialami oleh masyarakat Indonesia, terutama bagi mereka yang memang memiliki pangkat khusus, status sosial yang tinggi, atau pun orang terkenal. Meski hal ini sulit untuk dilakukan dan hanya bisa dilakukan oleh para ahli, namun kejahatan ini nyatanya sering menimpa masyarakat Indonesia tertentu dan terasa seperti sedang dimata-matai. Lebih baik jika Anda melindungi privasi Anda dan meminta bantuan pada ahlinya.

  • Menyebar Virus

Untuk masalah dan juga kejahatan yang satu ini, pastinya pernah dialami oleh setiap pengguna internet di dunia. Terkadang, ada beberapa situs atau aplikasi yang memang dibuat untuk menyebarkan virus dan membuat data dalam komputer menjadi hilang, serta merusak perangkat komputer Anda. Meski teknologi internet banyak memberikan keuntungan, namun Anda tetap harus waspada dengan beberapa jenis kejahatan ini.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *