Seputar Penjelasan Teknologi Bluetooth Bealcon

Sebagai masyarakat modern kita dituntut untuk mengikuti perkembangan teknologi. Ada banyak manfaat yang bisa diambil dari teknologi yang dikembangkan, salah satunya yang akan kita bahas dalam artikel ini adalah Bluetooth beacon.

Apa Sih Bluetooth Beacon itu?

Mungkin sebagian dari kita baru mengetahui istilah Bluetooth beacon. Teknologi tersebut merupakan implementasi perusahaan Apple dalam memanfaatkan teknologi nirkabel dari BLE atau Bluetooth low energy untuk mengirimkan informasi ke smartphone di lokasi tertentu.

Menggunakan Bluetooth ini praktis dan ekonomis, memberikan kemudahan yang serba modern seperti sekarang ini. Dengan teknologi ini, para pengguna bisa dengan mudah mendapatkan berbagai jenis barang yang dijual dimanapun juga.

Dimana Saya  Bisa Mendapatkannya?

Lalu pertanyaannya adalah dimana mendapatkan teknologi tersebut? bagi Anda yang ingin menikmati fitur ini caranya bisa menginstal di Google Chrome. Aplikasi ini mirip dengan Ibeacon yang dikembangkan oleh perusahaan Apple. Pada waktu Anda berada di tempat-tempat tertentu yang sudah dilengkapi teknologi ini, maka secara otomatis Anda bisa mendapatkan pemberitahuan dari Chrome.

Apa Saja Kelebihan Dan Kekurangannya?

Dengan adanya teknologi milik chrome ini memungkinkan mendapatkan berbagai informasi tanpa harus menginstal aplikasi produk tertentu. Salah satu contoh kegunaan fitur ini adalah pengguna bisa mendapatkan informasi nomor telepon, membuka kunci pintu mobil dsb.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat Bluetooth Beacon

Kelebihan lainnya dari teknologi ini adalah pengguna tidak perlu menggunakan kabel atau kawat. Setiap pengguna bisa dengan mudah menemukan seseorang bahkan bisa mengetahui apa yang sedang mereka cari. Menggunakan teknologi ini bisa memantau gerakan setiap penunjung dan bagi para tuna netra menggunakan aplikasi ini bisa menyiapkan notifikasi dalam bentuk audio atau suara sehingga mereka mengetahui posisi atau area dimana mereka berada.

Namun sayangnya, teknologi ini daya jangkau pancarannya terbatas dan hanya bisa dilakukan di lokasi-lokasi tertentu. Selain itu teknologi ini hanya bisa digunakan di perangkat android yang menggunakan versi os Android 4.3 atau yang sudah dilengkapi Bluetooth 4.0.

Potensi menggunakan Bluetooth ini benar-benar luas, pengguna tidak hanya dapat menemukan lokasi yang mereka cari namun bisa menjadi pengirim informasi bagi para penggunanya. Bahkan dengan adanya teknologi ini bisa menjadi jembatan transaksi bagi para pelanggan dan penyedia layanan.

Seperti yang sudah disebutkan bahwa di Indonesia hanya beberapa lokasi saja yang sudah menggunakan teknologi ini, beberapa diantaranya adalah: mall di Jakarta, Pasific Place yang memungkinkan para pengunjung terlibat dan mengalami location-based mission yang ditawarkan oleh pihak mall.

Jelas terlihat bahwa dengan teknologi Bluetooth beacon sangat luas, tidak hanya sekedar membantu menemukan lokasi yang dicari namun bisa membantu mengirim informasi bagi penggunanya. Teknologi ini memiliki prospek yang menjanjikan dalam melengkapi IoT atau inftastruktur internet of thing. Semoga teknologi ini semakin ditingkatkan dan jangkauannya lebih luas.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *