Seputar Sejarah Dan Penjelasan Singkat Teknologi Nano

Semakin berkembangnya dunia teknologi, ditandai dengan banyak bermunculan teknologi baru yang modern dan canggih. Bahkan diantaranya tidak pernah terpikirkan oleh kita, salah satunya adalah teknologi nano. Mungkin diantara pembaca baru dengar teknologi ini. teknologi ini bisa dikatakan teknologi masa depan yang diperkirakan 5 tahun kedepan seluruh kehidupan manusia menggunakan produk dengan teknologi ini.

Beberapa bidang kehidupan yang akan menggunakan teknologi ini adalah bidang medis, pengobatan, home appliance, lingkungan hidup, militer, tekstil, konversi energi, komputer, kosmetik dan farmasi. Lalu pertanyaannya sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan teknologi nano? Untuk mengetahui lebih detail mengenai teknologi tersebut, ikuti penjelasannya berikut ini:

Penjelasan Singkat Sejarahnya

Awal mulanya konsep nano teknologi diperkenalkan oleh Richart Feyman pada pidato ilmiah yang diadakan oleh American Phsyical Society, tepatnya di California Institute of Technologi (Caltech) pada 29 Desember 1959 dengan tajuk “There’s Plenty of Room a the Bottom”.

Richart Feyman merupakan ahli fisika yang memenangkan hadiah nobel di bidang fisika pada tahun 1965. Sedangkan istilah nano teknologi diresmikan pertama kali oleh prof dari Tokyo Universiy yaitu oleh prof Norio Taniguchi pada tahun 1974. Lalu pada tahun 1980-an istilah nano teknologi mulai dieksplorasi lebih jauh oleh Dr. Eric Drexer pada bukunya yang berjudul “Engines of Creator – The Coming Era of Nano Technology”

Baca Juga: Manfaat dan Penjelasan Mengenai Teknologi Nano Buat Masa Depan Umat Manusia

Seputar Nano Teknologi

Nano teknologi adalah pembuatan dan penggunana devais atau materi yang ukurannya kecil yaitu yang berada pada ranah 1 – 100 nanometer (nm). 1 nm sama dengan 1 per miliar meter, artinya 50 ribu lebih kecil dari ukuran rambut manusia. Para ilmuan menyebut ukuran 1 – 100 nm sebagai skala nano dan material yang berada pada ukuran tersebut disebut Kristal nano atau material nanomaterials.

Skala nano bisa dibilang untuk karena tidak memiliki struktur yang apdat yang bisa diperkecil. Uniknya lagi mekanisme dalam dunai biologis dan fisisi berlangsung di skala 0.1-100 nm. Pada dimensi tersebut, material menunjukkan sifat fisis yang berbeda sehingga para ilmuwan berharap menemukan efek baru untuk skala nano dan memberikan terobosan di bidang teknologi.

Saat ini teknologi nano sedang mengalami masa pertumbuhan, namun tidak ada seorang-pun yang bisa memprediksi secara akurat sebenarnya apa yang akan dihasilkan dari teknologi ini di beberapa tahun ke depan. Namun, walaupun demikian para ilmuwan percaya dan yakin dengan teknologi ini akan memberikan pengaruh dan dampak yang penting bagi kehidupan manusia.

Misalnya di bidang kesheatan dan medis, konservasi energi, perlindungan dan kebersihan lingkungan, keamanan, pertahanan dunia, kesehatan, medis, ilmu komputer dsb. Kita tunggu saja seperti apa teknologi nano yang dapat memberikan kontribusi bagi kehidupan manusia.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *