Simak Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Drone

Bagi kalangan pemula yang berniat memiliki drone atau replikasi pesawat terbang ini tentu butuh banyak masukan supaya tidak salah pilih. Pesawat replika ini memiliki desain seperti kipas dengan keempat kaki yang melebar ke setiap sudutnya. Desainnya yang khas dan bisa diterbangkan jarak jauh memakai remote membuatnya terkenal sebagai mainan modern. Namun karena sudah dilengkapi dengan kamera secara otomatis fungsinya bukan lagi sebagai mainan saja melainkan lebih luas. Kerap kali digunakan untuk dokumentasi, fotografi, dan media pengaman lingkungan.

Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan

Nah, memilikinya tentu menjadi kebanggaan tersendiri dan bisa digunakan untuk berbagai jenis kebutuhan. Melihat pengalaman dengan replika pesawat masih minim maka kenali beberapa hal yang perlu diperhatikan berikut pada saat menentukan pilihan:

  • Fitur yang dimiliki,

Semakin kesini fitur yang disematkan dalam replika pesawat ini memang semakin beragam dan yang terbaru adalah fitur auto tak off dan take down. Artinya pesawat replika ini bisa terbang dan mendarat secara otomatis sehingga menjadi pilihan terbaik bagi kalangan pemula. Perhatikan fiturnya dengan seksama dan semakin mudah digunakan semakin ideal untuk dijadikan pilihan.

  • Jarak jangkauan yang ditempuh,

Semua drone yang ada di pasaran memiliki transmitter maupun receiver yang berbeda sehingga jarak tempuhnya juga berbeda. Beberapa bisa dikendalikan dengan baik sampai jarak 1 km bahkan bisa lebih sedikit, namun banyak pula yang hanya mencapai 200 meter saja. Semakin jauh jarak tempuhnya otomatis semakin mahal dan baiknya disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi kantong. Mahal boleh asalkan kantong mendukung dan paham cara memakainya, sehingga bisa dipakai secara maksimal untuk berbagai kepentingan.

  • Kapasitas dan kualitas baterai,

Baterai yang terpasang di dalam tubuh replika pesawat ini akan menentukan seberapa lama perangkat ini bisa terbang. Sebagian besar di pasaran mampu terbang antara 15-30 menit saja, sehingga belum ada yang bisa bertahan sampai 1 jam atau lebih. Semua ini memungkinkan terjadi asalkan Anda membeli replika pesawat yang memiliki baterai cadangan. Sehingga setelah beberapa menit terbang dan kehabisan baterai bisa diganti dengan baterai cadangan yang masih penuh. Aktifitas pun bisa dilanjutkan kembali sehingga hasilnya optimal.

  • Mengecek kualitas kamera,

Kamera pada perangkat yang bisa diterbangkan layaknya pesawat ini memang selalu menjadi fokus utama para pembeli. Sebab semakin bagus kualitas kameranya otomatis semakin bagus pula video dan foto yang bisa dihasilkan. Maka tidak salah jika menjadikannya bahan perhatian pada saat menentukan pilihan. Secara umum kamera yang dimiliki antara kamera VGA sampai 12MP dengan harga yang bervariasi. Sesuaikan dengan kebutuhan dan isi dompet, sehingga aman dan nyaman memakai drone tersebut untuk berbagai tujuan.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *