Tahukah Anda, Penyebab Kulkas tidak Dingin? Berikut Penjelasannya

cara memperbaiki kulkas tidak dingin

Salah satu alat elektronik wajib yang ada di rumah tangga adalah kulkas. Kulkas merupakan lemari pendingin untuk pengawetan segala jenis sayur, buah, makanan, minuman, dan sebagianya agar tetap segar, tidak bau, dan tidak bagi. Selain itu, kulkas juga memiliki banyak kelebihan yang menguntungkan penggunanya untuk membuat es batu. es cream, mendinginkan minuman dan lain sebagainnya. Kulkas harus menggunakan tenaga listrik sebagai tenaga utama agar menyala. Apa bila kulkas tidak berfungsi dengan baik tentu akan mengganggu aktivitas rumah tangga, misalnya kulkas tidak dingin. Penyebab kulkas tidak dingin sering terjadi di dapur ibu rumah tangga.

Kulkas membutuhkan perawatan khusus agar penggunaannya bisa bertahan lama. Ketika kulkas kalian ada permasalahan ketika kulkas tidak dingin lagi, maka terdapat faktor penyebabnya. Penyebab kulkas tidak dingin sangat beragam. Berikut merupakan macam-macam penyebab kulkas tidak dingin, antara lain:

1. Lubang angin kulkas tertutup bunga es

Penyebab kulkas tidak dingin yang utama adalah bunga es yang sudah tebal, sehingga menutupi lubang angin pada kulkas. Lubang angin pada kulkas berfungsi untuk mendinginkan udara di dalam kulkas dan mengalirkannya ke semua bagian kulkas. Jika kulkas tidak dingin lagi, maka periksalah kondisi bunga esnya sebagai penyebab kulkas tidak dingin dan cara mengatasinya.
Caranya cukup mudah, kalian biarkan kulkas terbuka atau letakkan kipas angin menyala di depannya agar angin dari kipas angin bisa langsung berinteraksi dengan bagian dalam kulkaagar bunga es cepat mencair dan tidak menutup lubang angin pada kulkas. Jangan sekali-kali membersihkan bunga es dengan benda tajam. Hal tersebut dapat menyebabkan evaporator tertusuk pisau atau benda tajam menjadi bocor dan rusak.

2. Sering menyimpan makanan panas

Kalian jangan terlalu sering menyimpan makanan bersuhu panas. Hal itu bisa menjadi penyebab kulkas tidak dingin. Karena suhu yang ada di dalm kulkas bisa berubah menjadi panas, sehingga suhu dingin kulkas lama-kelaman tidak berfungsi. Cara mengatasinya tentu sebelum menyimpan makanan dengan suhu panas dalam kulkas, baiknya dibiarkan dingin dahulu baru disimpan dalam kulkas.

3. Jauhkan barang/benda bersuhu panas di dekat kulkas

Jangan dekatkan barang-barang yang bersuhu panas di dekat kulkas. Hal tersebut dapat mempengaruhi suhu kulkas. Jauhkan barang elektronik seperti kompor gas, rice cooker, oven listrik, dan sebagainya yang dapat menjadi penyebabkan kulkas tidak dingin karena suhu kulkas ikut naiik. Untuk mengatasi, kalian cukup menjauhkan benda tersebut jangan terlalu dekat dengan kulkas.

4. Pintu kulkas tidak rapat

Pastikan pintu kulkas kalian tertutup rapat ketika sudah tidak menggunkannya. Kurang raptnya pintu kulkas juga dapat menjadi penyebab kulkas tidak dingin. Hal ini biasanya terjadi karena karet di bagian pintu kulkas tidak bisa berfungsi dengan baik, yang memicu kulkas di dalam rumah kalian tidak dingin. Terlebih lagi apabila karet pintu kulkas sudah aus juga dapat menjadi penyebab kulkas tidak dingin tapi lampu menyala. Lampu kulkas akan menyala apabila pintu kulkas dibuka. Cara mengatasinya, kalian harus rutin mengeceknya. Pastikan saat kalian membuka pintu kulkas dan pastikan menutupnya dengan rapat. Apabila kurang rapat, udara dingin di dalam kulkas akan keluar yang membuat suhu dingin di dalam kulkas tidak berperan denagn baik.

5. Pengaturan suhu kulkas tidak maksimal

Saat kalian membeli kulkas baru,periksalah terlebih dahulu pengatur suhunya setelah menyalakan kulkas. Terkadang, kulkas yang dibeli tidak dingin. Setelah melakukan pemeriksaan, suhu dingin yang beroperasi relatif rendah yang dapat menyebabkan suhu dingin kulkas tidak maksimal.

6. Periksa tegangan listrik

Tegangan listrik yang kurang stabil dapat menimbulkan gangguan pada kulkas kalian. Kondisi tegangan listrik tidak stabil biasanya dapat dilihat pada nyala redupnya lampu pada kulkas. Dingin dan tidaknya kulkas bisa juga dipengaruhi tegangan listrik yang tidak stabil. Jika tegangan listrik tidak stabil, kalian bisa mengubungi PLN segera segera teratasi.

7. Periksa bagian komponen kulkas

Periksalah komponen-komponen kulkas terutama yang senantiasa dalam kondisi menyala secara rutin menyeluruh dan berkala supaya kinerjanya bisa berfungsi dengan baik. Komponen penting yang harus diperiksa misalnya, kipas kondensor, alat pelindung berlebih bebannya, kompresos dan juga alat motor penghantar. Jika salah satu dari komponen yang disebutkan tersebut mengalami gangguan tau kerusakan, tentunya akan sangat mempengaruhi performa pada kulkas kalian. Jika kalian sudah melakukan pemeriksaan dan tidak ditemukan masalah, sebaiknya hubungi service centre.

Terkadang juga terdapat masalah pada komponen kulkas lainnya. Seperti kulkas tidak dingin tapi lampu menyala. Penyebab kulkas tidak dingin tapi lampu menyala untuk kulkas 1 pintu yang mengalami masalah tidak dingin, tapi lampu menyala, bisa diakibatkan karena compressor tidak menyala atau terjadi penyumbatan pada sirkulasi freon. Sedangkan, untuk kulkas 2 pintu penyebab kulkas tidak dingin tapi lampu menyala karena terjadi kerusakan atau kebocoran Freon.

Itulah beragam penyebab kulkas tidak dingin dan tidak dapat berfungsi dengan baik. Semoga artikel ini dapat membantu dan menambah pengetahuan kalian…