Tak Selalu Positif, Perkembangan Teknologi Juga Menyebabkan Dampak Negatif

Tak Selalu Positif, Perkembangan Teknologi Juga Menyebabkan Dampak Negatif

Kian kesini perkembangan teknologi memang kian cepat, dengan menghadirkan berbagai macam hal baru yang nantinya bisa sangat membantu pekerjaan manusia. Namun juga banyak diantaranya yang belum optimal, sehingga harus dimaksimalkan terlebih dahulu sebelum nantinya siap pakai atau uji coba. Hadirnya perangkat teknologi baru ini tentunya memberikan banyak sekali dampak positif kepada masyarakat, bagaimana tidak karena nantinya pekerjaan manusia kian dimudahkan. Bahkan banyak diantara pekerjaan manusia yang sepenuhnya perannya digantikan dengan alat-alat tersebut.

 Tak Selalu Positif, Perkembangan Teknologi Juga Menyebabkan Dampak Negatif

Contoh yang paling cepat mengalami perubahan adalah gadget seperti smartphone, dulunya perangkat yang juga dikenal dengan nama hp ini hanya sekedar bisa dipakai untuk menunjang aktivitas komunikasi saja, yaitu dalam bentuk sms dan juga telepon, namun semakin kesini kian canggih. Perangkat komunikasi tersebut sudah dibekali dengan adanya otak komputer yang memungkinkannya bekerja seperti sebuah komputer tentunya. Canggih dengan adanya beberapa macam aplikasi penunjang.

Meskipun di satu sisi perkembangan teknologi ini memberikan banyak sekali manfaat atau kelebihan kepada masyarakat, namun juga ada satu sisi dimana hal tersebut memberikan dampak negatif, sehingga harus berhati-hati, diantaranya adalah:

  1. Pengangguran yang semakin banyak, dengan hadirnya perangkat teknologi baru yang bisa bekerja lebih baik dibandingkan dengan manusia, bahkan para pelaku usaha nantinya juga tak harus membayar lebih banyak kepada SDM, tentu mereka akan memilih menggunakan alat-alat canggih tersebut kemudian membatasi jumlah SDM yang digunakan. Hal ini secara langsung membuat angka pengangguran menjadi semakin tinggi bukan. Apalagi masyarakat yang tidak dibekali dengan keahlian khusus, akan semakin sulit mendapatkan pekerjaan.
  2. Munculnya berbagai macam penyakit baru, korelasi antara perangkat teknologi yang juga penyakit ini memang saling berhubungan, dimana dengan banyak pekerjaan manusia yang digantikan dengan sebuah mesin atau alat, maka tingkat aktifitas mereka juga kian kecil, membuat tubuh jarang digunakan. Akibatnya resiko untuk terserang penyakit juga semakin tinggi.
  3. Pengeluaran semakin besar, contoh paling sederhana adalah dengan hadirnya sebuah smartphone. Untuk menggunakan perangkat yang satu ini pastinya bukan hanya pengeluaran untuk membeli ponsel saja yang haru Anda bayarkan, melainkan juga biaya penggunaannya dalam bentuk pulsa, kemudian juga ada biaya pemakaian listrik, karena tanpa dicharger nantinya ponsel tersebut tak akan bisa berfungsi.
  4. Terbentuknya pribadi yang individualis atau sulit untuk bersosialisasi, bagaimana tidak jika seandainya hampir semua hiburan bisa dilakukan secara lebih mudah hanya dengan mengandalkan perangkat teknologi yang dimiliki, untuk berkomunikasi dengan orang lain juga hanya membutuhkan gadget sebagai sarana chattingan.

Jadi juga harus pilah-pilih mana yang baik dan tidak untuk diri sendiri, karena tidak semua perkembangan teknologi berdampak positif kepada diri Anda.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *