Taukah Anda, Apa itu Drone? Berikut Serba-serbi yang Harus Anda Ketahui

Taukah Anda, Apa itu Drone? Berikut Serba-serbi yang Harus Anda Ketahui

Mungkin sekarang Anda sering melihat anak muda bermain drone. Ada juga beberapa dari mereka yang masih asing dengan benda ini dan mulai bertanya, apa fungsinya dan bagaimana cara penggunaan. Alat canggih ini banyak digunakan untuk mengerjakan berbagai keperluan penggunanya. Pada awalnya, alat ini hanya digunakan oleh pemerintahan dan pihak militer saja, namun sekarang siapa saja dapat menggunakannya. Bagi Anda yang ingin mengetahui mengenai teknologi ini, berikut ulasannya.

Taukah Anda, Apa itu Drone? Berikut Serba-serbi yang Harus Anda Ketahui

Pengertian Drone

Sebenarnya, drone adalah teknologi canggih seperti kendaraan udara. Bentuknya seperti pesawat terbang yang dioperasikan tanpa dikendarai oleh pilot. Bila pesawat terbang dikendarai pilot yang ada di kabin, alat ini mempunyai pilot, namun tetap tinggal di daratan, dan hanya menggunakan remote control untuk mengontrolnya di udara. Alasan inilah yang membuat anggota militer yang menggunakan alat canggih ini untuk berbagai macam misi yang mempunyai risiko tinggi.

Walaupun pada awalnya alat ini hanya digunakan oleh anggota militer saja, tetapi di masa sekarang, alat ini banyak digunakan seluruh pihak. Bahkan, badan pemerintahan juga menggunakannya untuk menghubungkan intelejen dan pertanahan. Tetapi, untuk sekarang, masyarakat awam sekalipun bisa menggunakannya.

Jenis Drone

Jika Anda sudah mengetahui apa itu drone, Anda juga harus mengetahui jenisnya. Sebenarnya, drone dibagi menjadi 2 yakni khusus untuk komersial dan militer. Untuk khusus militer, jenis ini hanya bisa digunakan oleh pihak militer atau badan pemerintahan, sedangkan untuk jenis komersial, biasanya dipasarkan di toko secara luas dan bisa digunakan oleh masyarakat umum.

Untuk drone khusus militer, biasanya memiliki ukuran yang lebih besar dan lengkap dengan persenjataan untuk mempertahankannya dari serangan musuh. Tentu berbeda dengan jenis komersial, yang berukuran lebih kecil serta ringan bila dibayangkan, ukurannya hanya seluas telapak tangan dewasa.

Fungsi Drone

Biasanya, orang-orang dari kalangan militer menggunakan alat ini untuk melakukan berbagai aktivitas intelejen seperti memonitor seluruh wilayah. Kemudian untuk badan pemerintahan biasanya menggunakannya untuk melakukan pemetaan jalur udara. Alat ini berperan penting melakukan penelitian pada monitor arah angin. Selain itu juga bisa digunakan untuk mengantarkan barang. Karena perusahaan yang berasal dari Amerika Serikat sudah berhasil melengkapinya dengan fasilitas pengiriman barang.

Fungsi dari drone tak hanya itu saja, alat ini bila digunakan untuk mengambil gambar dengan menggunakan fasilitas kamera. Sehingga kita bisa mengambil gambar dari udara, dan menggerakkan dari darat. Untuk tujuan komersial, seperti yang digunakan masyarakat, alat ini digunakan mengambil gambar dari ketinggian atau selfie. Ia juga bisa digunakan merekam sebuah kejadian dari ketinggian. Inilah yang membuatnya menjadi semakin dikenal. Alat ini digunakan dengan memanfaatkan remote control dan baterai sebagai penunjang aktivitasnya. Untuk masalah harga, harga alat ini bergantung dari spesifikasi yang ditawarkannya.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *