Teknologi Digital yang Menjadi Trend dalam Sektor Ekonomi

Teknologi Digital yang Menjadi Trend dalam Sektor Ekonomi

Dunia bisnis secara umum sudah banyak menggunakan internet sebagai salah satu strategi pemasaran. Tak jarang para pebisnis yang memanfaatkan teknologi digital dalam usahanya. Selain itu, perkembangan teknologi semakin berkembang dan mendorong sektor industri ekonomi digital. Tentunya, teknologi ini akan semakin berkembang menyesuaikan kebutuhan masyarakat.

Teknologi Digital yang Menjadi Trend dalam Sektor Ekonomi

Tren Teknologi Ekonomi Digital

Salah satu trend teknologi digital yang akan berkembang dalam beberapa tahun ke depan ialah teknologi pada sektor ekonomi.  Berdasarkan riset tahunan, mengungkapkan apabila ada lima tren teknologi yang akan muncul dan berfokus pada konsep “For People, By People”.

Mengangkat tema tersebut, diharapkan teknologi dapat diciptakan tidak hanya untuk mempermudah kebutuhan manusia melainkan juga bisa mengembangkan potensi manusia itu sendiri. Hal tersebut dikeluhkan karena khawatir akan adanya kemunduran potensi manusia akibat kehadiran teknologi baru yang semakin maju. Bahkan, diprediksi pada masa yang akan datang manusia akan dikendalikan oleh teknologi tersebut.

Beberapa teknologi digital yang mendorong kesuksesan sektor ekonomi yaitu:

  1. Artificial Intelligence

AI merupakan teknologi digital terbaru yang mampu menampilkan fitur tatap muka pengguna dalam berinteraksi dengan sistem. Saat ini, intelijensia buatan sudah semakin berkembang dan memberikan banyak manfaat dari segala aspek kehidupan. Teknologi baru ini dibuat menggunakan kecerdasan buatan yang dapat mengatasi berbagai permasalahan manusia. Artificial Intelligence sedang menjadi perbincangan hangat oleh beberapa negara maju di dunia, termasuk Indonesia yang juga berminat untuk mengembangkan teknologi pintar ini dalam bidang perekonomian nya.

  1. Teknologi Berbasis Manusia

Selanjutnya, ada teknologi digital yang diperlukan sekaligus wajib untuk dikembangkan, yaitu teknologi berbasis manusia. Teknologi ini dirancang untuk meningkatkan kualitas hidup manusia. Selain itu, juga dirancang untuk beradaptasi dengan perilaku manusia pada umumnya. Diharapkan dengan adanya teknologi ini, manusia dapat lebih mengembangkan skill mereka. Sehingga, sektor ekonomi juga dapat didukung tidak hanya dengan teknologi yang canggih namun juga kemampuan dari diri manusia tersebut.

  1. Pelayanan Terintegrasi

Semakin banyaknya teknologi yang memudahkan pengorganisasian sebuah layanan, memungkinkan perkembangan teknologi digital tersebut akan lebih berkembang beberapa tahun ke depan. Mengapa? Karena sebagian besar perusahaan atau brand bisnis berupaya mempermudah para pelanggannya agar tidak dibebani dengan prosedur yang ribet.

  1. Workforce Marketplace

Teknologi digital terbaru ini dapat membantu para pencari kerja supaya memperoleh pekerjaan sesuai keahliannya. Selain itu, teknologi ini biasa digunakan sebagai marketplace bagi Anda para pencari kerja. Di Indonesia, layanan ini sudah banyak tersebar terutama untuk memenuhi kebutuhan sumber daya manusia di bidang industri teknologi. Situs mencari kerja yang juga menjadi salah satu layanan yang diciptakan dari pemanfaatan teknologi ini juga sudah marak beredar.

Semoga, berbagai ulasan di atas dapat bermanfaat bagi Anda.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *