Teknologi Indonesia di Bidang Militer yang Mendunia  

Ada banyak teknologi yang diciptakan oleh anak bangsa ataupun perusahaan yang asli didirikan di Indonesia dan salah satunya adalah di bidang militer. Beberapa teknologi Indonesia di bidang militer berikut ini sudah diakui dunia. Pertama adalah water canon yang merupakan mobil perang dari PT. Pindad yang dirancang untuk membantu dalam menangani huru-hara atau kerusuhan. Mobil ini memiliki kapasitas 4 orang dan bisa digunakan untuk menembak dengan jarak kurang lebih 70 meter. Untuk meningkatkan keamanannya, mobil ini dilengkapi dengan adanya kamera khusus serta alat yang memungkinkan untuk menyemprot busa anti api ataupun bom molotov serta menembakkan gas air mata.

 

Kedua adalah SPR 2. SPR 2 adalah senapan tembak runduk dari PT. Pindad. Salah satu keunggulan utama dari senjata ini adalah peluru yang dipergunakan bisa menembus kuatnya baja tank. Senjata yang memiliki jangkauan tembak sampai 2 km ini sudah teruji di medan pertempuran sehingga terbukti keunggulannya tidak hanya pada jangkauan namun juga ketepatan dan silincer yang bisa menurunkan suara hentakan tembakan hingga 20-30 desible. Senjata yang menggunakan 5-10 butir peluru berkaliber 12,7×99 mm ini dilengkapi dengan adanya nigh vision dan teleskop yang bisa dipergunakan hingga pembesaran 25 kali.

 

Ketiga adalah Panse Anoa. Kendaraan militer ini sudah terkenal dan tidak diragukan lagi mengenai kekuatan dan kehandalannya. Kendaraan ini mengadopsi dari panser VBA dari Perancis. Kendaraan perang ini sudah mendapatkan pengakuan internasional bahkan dibeli oleh berbagai negara seperti Malaysia, Singapura, Brunei. Ada beberapa jenis panser yang merupakan salah satu teknologi Indonesia yang bisa berjalan dengan kecepatan 90 km per jam ini yaitu ambulance logistik, komando recovery, mortir dan intai. Panser anoa mampu meloncat hingga selebar 1 meter, bahkan bisa digunakan untuk menanjak di tempat dengan kemiringan hingga 45o, menahan ledakan ranjau yang memiliki masa hingga 8 kg di tengah badan dan roda gardan.

 

Teknologi Indonesia yang lainnya di bidang militer yang sudah mendunia diantaranya adalah:

 

  • Peluru berkaliber 5.56, 7.62, 9 mm yang sudah bersertifikat ISO 9001 dari Inggris di tahun 1994 dan kini diekspor bahkan di beberapa negara misalnya di Amerika Serikat.
  • KRI-Krait-827. Kapal perang milik RI ini dikerjakan selama sekitar 14 bulan dan menggunakan bahan alumunium, bertonasi 190 DWT dan jarak jelajah 2.500 mill. Kapal ini memiliki radar yang bisa menjangkau hingga 96 nautical mil atau 160 km dan dilengkapi dengan sistem navigasi GMDSS area 3 dan berkecepatan 25 knots.
  • Pesawat CN-235 MPA yang termasuk sebagai jenis pesawat maritime patrol aircraft. Pesawat patroli yang memiliki sistem komunikasi, navigasi dan misi ini dilengkapi dengan sistem thales AMSCOS, penjejak panas, radaer pencari Thales/EADS Ocean Master MK II, CAE’s AN, elektronica ALRD 733 warning receiver.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *