Teknologi Masa Kini yang Sudah Ada Sejak Lama dan Teknologi Zaman Dahulu untuk Komunikasi

Teknologi Masa Kini yang Sudah Ada Sejak Lama dan Teknologi Zaman Dahulu untuk Komunikasi

Teknologi zaman dahulu merupakan alat yang digunakan untuk memudahkan setiap kegiatan. Walaupun teknologi tersebut memudahkan tetapi tidak seperti teknologi masa kini yang serba mudah. Teknologi dulu lebih dikemas dengan bentuk yang cukup besar dan rumit, tetapi untuk teknologi masa kini lebih berbentuk lebih sederhana. Perbedaan yang terdapat ini membuat teknologi masa kini terus dikembangkan dalam membantu berbagai kegiatan manusia. Dengan adanya tambahan fitur membuat sebuah alat menjadi lengkap dengan teknologinya. Tak jarang juga banyak teknologi dulu yang sudah ada dan digunakan saat ini.

 Teknologi Masa Kini yang Sudah Ada Sejak Lama dan Teknologi Zaman Dahulu untuk Komunikasi

Berikut adalah beberapa teknologi masa ini yang sudah lama ada diantaranya:

  • Penyembur api atau flamethrower sudah ditemukan pada tahun 1901 oleh Richard Fielder. Pada tahun 1300, kerajaan Byzantine menggunakan senjata pembakar penyembur api ini untuk membakar kapal musuh.
  • Bedah plastik dipraktekkan oleh Sir Harold Gillies dan menyembuhkan muka seseorang akibat cedera terkena luka bakar. Pada tahun 3000 SM, orang-orang Mesir kuno memberlakukan pemotongan hidung untuk pencuri dan memperbaiki hidung yang dipotong.
  • Jam dengan alarm dibuat oleh Levu Hutchins pada 1787. Namun pada 440 SM Plato menciptakan jam air untuk memberi kejutan pada pagi hari.
  • Alat pendeteksi gempa bumi diciptakan pada tahun 1897 dan pada 2000 tahun yang lalu sudah digunakan dan diciptakan oleh Zhang Heng dengan seismograph pertama pada tahun 132.

Teknologi zaman dahulu lainnya adalah pintu otomatis pada tahun 50 SM yang diciptakan oleh Hero of Alesxandria pada sebuah kuil dengan menyalakan api di altar kuil. Saat ini teknologi tersebut biasa dikenal dengan revolving door yang didukung dengan cuaca berangin sehingga akan terus berputar. Beberapa teknologi ini tentunya masih digunakan hingga saat ini. Uniknya pada zaman dahulu untuk berkomunikasi dan terkadang beberapa masih digunakan.

Berikut adalah beberapa alat komunikasi pada zaman dahulu diantaranya:

  • Kentongan, digunakan untuk mengumumkan suatu berita atau peristiwa yang terjadi dan membuat penduduk keluar rumah dan berkumpul.
  • Daun lontar dari sebuah pohon, digunakan untuk menulis surat dan juga pesan kepada orang lain ataupun pengumuman kepada penduduk.
  • Lonceng yang berbunyi, biasanya terdapat di gereja dan akan dibunyikan dengan beberapa kali sesuai tanda dengan pemberitahuan yang akan diberikan.

Selain diatas ada juga teknologi zaman dahulu untuk komunikasi yaitu dengan merpati pos sebagai pengirim surat. Surat juga merupakan salah satu alat komunikasi dan membutuhkan waktu lama untuk dapat sampai ke penerimanya. Prasasti merupakan salah satu komunikasi untuk menandakan tempat dan batu menjadi tempat untuk menulisnya. Beberapa alat komunikasi ini beberapa masih digunakan terutama di pedesaan untuk membuat informasi lebih cepat sampai ke telinga penduduk setempat.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *