Teknologi Smartphone AI, yang akan Memudahkan Mobilitas Anda

Teknologi Smartphone AI, yang akan Memudahkan Mobilitas Anda

Teknologi smartphone semakin berkembang dari waktu ke waktu. Bahkan kini smartphone telah dilengkapi teknologi artificial intelligence (AI). Misalnya pada beberapa merek ternama berikut yakni Samsung Galaxy S8, Google Pixel, seri Huawei Mate, atau iPhone X. Smartphone kelas menengah seperti duo Vivo V7 atau Oppo F juga tidak ingin ketinggalan.

Teknologi Smartphone AI, yang akan Memudahkan Mobilitas Anda

Penerjemah Real Time Tanpa Perlu Akses Internet

Saat ini telah banyak aplikasi terjemahan yang dapat menerjemahkan teks, video, gambar, maupun suara secara saat itu juga, namun masih harus menggunakan akses internet. Namun telah hadir teknologi smartphone dengan AI. Sehingga proses menerjemahkan dapat dilakukan secara offline tanpa akses internet. Contoh dari teknologi AI yakni aplikasi iTranslate yang dapat menerjemahkan ke beberapa bahasa tertentu.

Mempermudah Menyelesaikan Tugas Harian

Teknologi smartphone menggunakan artificial intelligence sengaja dibuat untuk memberikan kemudahan bagi pengguna ponsel pintar. Konsep yang diusungnya adalah agar smartphone mampu menyesuaikan diri dengan penggunanya, hasilnya secara otomatis ponsel pintar Anda mengetahui bagaimana Anda bekerja dengan smartphone setiap harinya. Beberapa hal yang bisa dilakukan dengan teknologi AI ialah kemampuan mematikan nada derinb Anda secara otomatis, menutup aplikasi yang sedang beejalan pada latar belakang, menyalakan bluetooth dan beberapa kegiatan lain yang biasa dilakukan oleh si pengguna. Teknologi ini juga bisa saja menjadi asisten digital dari sang pemilik ponsel pintar.

Voice Assistant

Fitur pada teknologi smartphone ini dapat merespon suara guna melakukan beberapa tugas misalnya menjawab pesan singkat, memutar lagu, bahkan membacakan isi berita.

Face Scanner (Pemindai Wajah)

Contoh dari penerapan teknologi smartphone pemindai wajah ini ialah pada iPhone X yang mengunggulkan fitur Face ID. Namun hal ini menimbulkan skeptisme di kalangan pengguna. ┬áPara pengguna iPhone merasa lebih aman menggunakan Touch ID di iPhone 5s – iPhone 7 Plus. Meskipun begitu, pihak Apple menyebutkan bahwa teknologi yang ada pada iPhone X ini dibuat untuk memetakan wajah pemiliknya menggunakan kamera TrueDepth dengan 30.000 titik infrared. Selain iPhone, Face ID juga terdapat di beberapa merek smartphone namun dengan nama yang berbeda. Misalnya fitur Face Unlock yang terdapat pada beberapa merek smartphone yakni LG Q6, Vivo V7, atau OnePlus 5T. Huawei juga menggunakan teknologi ini pada produknya. Terdapat juga pemindai wajah atau facial recognition yang mampu mengenali pemilik wajah dari foto. Di Oppo F5 yang mengunggulkan fitur selfie, beauty recognition dapat mengenali jenis kulit, warna kulit, jenis kelamin, dan usia secara detail.

Kamera Merupakan Pendeteksi Objek yang Baik

AI merupakan inovasi yang membuat kamera smartphone semakin berkembang dari waktu ke waktu. Dengan teknologi smartphone ini, kamera dapat mendeteksi obyek yang terdapat dalam frame foto. Contohnya pemandangan yang diambil secara landscape maupun obyek bunga dengan detail yang lebih tajam.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *