Teknologi Sosial Media yang Berkembang Pesat di Indonesia

Teknologi Sosial Media yang Berkembang Pesat di Indonesia

Sosial media saat ini mengalami perkembangan pesat di seluruh negara tak terkecuali Indonesia. Dengan adanya teknologi sosial media yang semakin canggih membuat para penggunanya semakin mudah dalam memanfaatkannya. Indonesia menjadi salah satu negara yang sebagian besar warganya sangat aktif menggunakan sosial media dalam kehidupan sehari-hari mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, dan sebagainya. Sebelum mengetahui lebih jauh bagaimana perkembangan sosial media di Indonesia, mari kita simak penjelasan berikut ini.

Teknologi Sosial Media yang Berkembang Pesat di Indonesia

Adanya “Media Lama”

Pada beberapa tahun sebelum internet masuk dalam kehidupan manusia, terdapat beberapa media lama sebagai sarana dalam memberikan atau mendapatkan informasi seperti radio, surat kabar, televisi serta telepon umum sebagai alat komunikasi. Seiring berjalannya waktu, muncullah teknologi baru seperti teknologi sosial media yang mulai menggeser eksistensi media lama. Namun hal tersebut tidak membuat media lama menjadi ditinggalkan seluruhnya karena saat ini media lama juga mengalami inovasi yang digabungkan dengan teknologi baru.

Muncul “Media Baru”

Media baru dimulai dari munculnya internet pada beberapa tahun silam yang merupakan hasil digitalisasi dari perkembangan sains dan teknologi. Media baru juga dapat diartikan sebagai interkonektivitas terhadap banyak khalayak sebagai sarana dalam berkomunikasi maupun memperoleh informasi.

Muncul Sosial Media

Munculnya media baru tersebut mengakibatkan lahirnya teknologi sosial media yang biasanya dikenal dengan beberapa istilah seperti Communication Network, SNS dan Sosial Network dengan sistem yang sama. Pada sosial network (jaringan sosial) melingkupi berbagai aplikasi seperti email, Whatsapp, dsb. Sedangkan SNS (social networking sites) melingkupi Instagram, YouTube, Tumblr, Path, Twitter, Pinterst, dsb.

Perkembangan Sosial Media Di Indonesia

Teknologi sosial media di Indonesia mengalami perkembangan yang cukup pesat. Hal ini dibuktikan dengan catatan dari APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) yang menyatakan bahwa sebanyak 95% aktivitas dari 63 juta masyarakat Indonesia adalah mengakses internet. Kondisi tersebut disebabkan oleh perangkat pendukung internet dijual dengan harga yang cukup terjangkau bagi masyarakat.

Teknologi sosial media saat ini tidak hanya digunakan untuk berkomunikasi dan bersosialisasi namun merambah pada kepentingan pemerintahan, politik, penyampaian pendapat, pemberian petisi, memberikan motivasi bahkan menjadi media dalam mencari rezeki dapat dengan mudah dilakukan di sosial media. Selain itu informasi yang cepat menyebar melalui sosial media membuat banyak hal unik dan menarik menjadi “viral” atau terkenal.

Dampak Sosial Media di Indonesia

Banyaknya manfaat yang didapat dari teknologi sosial media seperti mudahnya bersosialisasi dan berkomunikasi tidak menutup kemungkinan munculnya sebuah dampak negatif bagi masyarakat Indonesia, diantaranya yaitu :

  1. Pengguna sosial media banyak menghabiskan waktu berharga di sosial media
  2. Konten pada sosial media berdampak negatif bagi kehidupan di masa depan

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *