Teknologi Terbaru Jaringan 4G LTE

Beberapa tahun terakhir ini, dunia sedang dipenuhi perbincangan mengenai teknologi terbaru dalam koneksi internet, yaitu dengan adanya jaringan 4G LTE yang disebut memiliki kecepatan 10 kali lebih cepat dibandingkan dengan jaringan sebelumnya, yaitu jaringan 3G.

4G yang didukung 3GPP Long Term Evolution atau 4G LTE merupakahn sebuah standar komunikasi tanpa kabel yang berbasis jaringan EDGE/GSM serta HSDPA/UMTS sehingga dapat mengakses data dengan kecepatan tinggi dengan memakai telepon seluler atau perangkat mobile lainnya.

4G sendiri merupakan istilah asing untuk fourth generation technology. Istilah ini digunakan untuk acuan standar generasi keempat dalam teknologi telepon seluler. Adanya jaringan 4G ini memang merupakan pengembangan dari teknologi jaringan sebelumnya yaitu teknologi 3G serta teknologi 2G.

Di dunia ini ada dua kandidat standar 4G yang dikomersilkan, yaitu standar Long Term Evolution dari Swedia yang ada sejak tahun 2009, serta standar WiMAX dari Korea Selatan yang dikembangkan sejak tahun 2006.

Sistem teknologi terbaru 4G ini menyediakan IP yang komprehensif yang mana data, suara, serta arus multimedia bisa sampai ke pengguna secara cepat, dimana saja dan kapan saja. Meski begitu, tetap ada beberapa pendapat mengenai 4G ini, yaitu 4G adalah sistem dengan IP terintegrasi penuh yang dapat dicapai dengan nirkabel dan teknologi kabel yang bisa menghasilkan kecepatan internet berkecepatan 100 Mb/detik, baik ketika berada dalam ruangan maupun ketika berada di luar ruangan.  

Baca Juga:7 Teknologi Terbaru Super Canggih

4G juga memberikan penawaran beragam jenis layangan dengan harga yang murah dan terjangkau. Setiap handset 4G juga akan mendapatkan nomor Ipv6 yang dilengkapi dengan internet telephone berbasis SIP (Session Initiation Protocol). Segala jenis radio transmisi seperti CDMA, EDGE, TDMA, GSM, 2G, dan 2.5 G juga dapat menggunakan jaringan ini.

Untuk wilayah Indonesia, jaringan 4G LTE yang dipakai adalah jaringan 1800 MHz. Jaringan 4G ini memang memiliki kecepatan yang mengesankan, hal ini dikarenakan adanya penggunaan Orthogonal Frequency Division Multiplexing (OFDM) yang mana teknologi transmisi ini digunakan oleh DAB, DVB-H, DVB-T, Wi-Fi, dan ADSL.

Jaringan 4G LTE ini tak hanya menghemat waktu yang dibutuhkan untuk buffer ke halaman suatu web, tetapi jaringan ini juga bisa meminimalisir gangguan yang ada dan mampu mendapatkan jumlah data yang lebih banyak ke dalam bandwidth.

Secara sederhana, ponsel atau gadget yang memiliki jaringan 4G LTE dapat digunakan untuk bermain game serta streaming video lebih cepat dibandingkan sebelumnya, khususnya ketika menggunakan 4G yang memang telah dirancang untuk jaringan data.

Itulah teknologi terbaru tentang 4G LTE yang sangat membantu kebutuhan para pengguna internet saat mengunggah dan mengunduh data. 4G LTE ini menjadi bukti adanya perubahan teknologi ke arah yang lebih cepat dan yang lebih memudahkan manusia.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *