Teknologi VR Membuat Dunia Maya Nampak Seperti Nyata

Teknologi VR, singkatan dari virtual reality merupakan terobosan baru di dunia teknologi. Teknologi canggih ini bekerja dengan cara menampilkan dunia virtual sehingga penggunanya dapat merasakan, terhubung bahkan berinteraksi dengan apa yang disimulasikan oleh komputer yang terhubung dengan perangkat ini. Dengan teknologi ini  pengguna merasa berada di dunia nyata.

Teknologi VR sudah familiar dalam dunia game bahkan teknologi ini menjadi impian gamers untuk menggunakannya. Para produsen game sudah membuktikan dan telah menyiapkan game terbaru dengan basis VR dan peratan pendukungnya. Perusahaan game yang pertama muncul menggunakan teknologi ini adalah Nitendo Virtual Boy pada tahun 1995, kemudian diikuti oleh saingannya perusahaan SEGA yang meluncurkan SEGA VR.

Dengan adanya teknologi ini menciptakan pengalaman yang tidak akan terlupakan dalam simulasi komputer. Bahkan saat ini tengah dikembangkan teknologi VR yang memungknkan semua indra manusia bekerja dan merasakan saat menggunakan teknologi ini. Berikut ini beberapa teknologi yang menggunakan Virtual Reality:

Google Cardboard

Teknologi virtual reality Google Cardboard merupakan teknologi yang dibuat oleh David Coz dan Damien Henry (Google). Alat ini merupakan teknologi yang paling sederhana dan bisa didapatkan secara gratis. Caranya hanya tinggal download lalu pengguna bisa membentuknya sendiri karena alat ini hanya terdiri dari kardus-kardus yang bisa dipasang di smartphone.

Ocolus Rift

Teknologi berikutnya adalah oculus rift, teknologi ini mendapatkan perhatian para pengunjung setalah di pamerkan di event Computer Electronic Show (CES). Alat ini diciptakan oleh Palmer Luckey dan John Carmack merupakan teknologi virtual reality modern pertama yang menjadi inspirasi alat VR lainnya. Ocolus Rift kemudian dibeli oleh facebook dengan harga 2 miliar dollar Amerika.

Baca Juga: Mengenal Teknologi VR dan Fungsinya

Microsoft Hololens

Teknologi virtual berikutnya adalah Microsoft Hololens, bentuknya berupa kacamata canggih dengan headset nirkable. Di dalam alat ini terdapat komputer dengan sistem Windows 10. Desainnya elegan dan memiliki sensor yang canggih.

Samsung Gear VR

Teknologi dalam bentuk headset ini ditaksir harganya mencapai Rp 1,5 juta dan hanya bisa digunakan oleh Smartphone Samsung tipe tertentu. Alat ini sudah dilengkapi dengan konten yang menarik yang bisa memberikan pengalaman menjelajah dunia vitual, game, film dengan sudut pandang hingga 360 derajat.

Sony Proct Morpheus

Bagi para penggemar, teknologi Sony Proct Morpheus sudah ditunggu-tunggu. Alat ini semacam codename untuk merealisasikan permainan Playstation (PS) VR. Alat ini bisa dijalankan di PS 4 dan PS Sita. Teknologi virtual realiy Sony Proct Morpheus sudah dilengkapi berbagai fitur tampilan dan suara yang luar biasa membuat pengguna merasa di alam nyata.

Itulah pembahasan singkat seputar jenis-jenis teknologi VR yang sebagian masih dalam proses pengembangan dan tentu kita sudah tidak sabar mengetahui bagaimana rasanya berada di dunia maya yang seperti nyata. Kita tunggu saja, semoga teknologi bisa memberikan manfaat bagi kehidupan manusia.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *