Ternyata Teknologi Komunikasi Pager Masih Dipakai Sampai Saat ini

Ternyata Teknologi Komunikasi Pager Masih Dipakai Sampai Saat ini

Teknologi komunikasi serta perangkatnya semakin berkembang sesuai dengan kemajuan zaman, dimana smartphone mendominasi perkembangan saat ini. Sebelum ponsel menjadi populer, beberapa dekade silam alat komunikasi pribadi yang dijadikan andalan yaitu radio panggil alias pager. Mungkin ada di antara Anda yang belum pernah melihatnya sebab kepopuleran alat ini sendiri juga tidak terlalu lama di tahun 1980-an. Pada masa itu, pager banyak digunakan oleh kalangan dokter, pengacara, pejabat publik hingga bankir.

Ternyata Teknologi Komunikasi Pager Masih Dipakai Sampai Saat ini

Dengan berkembangnya zaman, teknologi komunikasi pager pun mulai tergerus seiring kemunculan ponsel. Kehadiran smartphone pun semakin membuat pager semakin ditinggalkan. Hanya beberapa kalangan saja yang masih menggunakan pager di zaman smartphone. Ada hal lain yang kemungkinan sangat sulit digantikan oleh smartphone masa kini sehingga alat yang berukuran mungil ini tetap beroperasi hingga sekarang. Beberapa profesi masih memilih pager sebagai alat komunikasinya, antara lain;

Dokter bedah

Dengan berbagai macam peralatan canggih saat ini, ahli bedah masih percaya pada pager sebagai teknologi komunikasi mereka. Dalam hal tertentu, pager masih menjadi solusi menjanjikan bagi ahli bedah sebab lebih andal untuk berkirim pesan dalam ruang bedah. Tanpa ada kekhawatiran adanya kebocoran data medis milik pasien atau bahkan diretas. Fitur sederhana yang dimiliki pager tak akan meninggalkan kekhawatiran pengelola jasa medis terkait kebocoran data pasien ketika melakukan komunikasi.

Baca Juga : AI Dominasi Perkembangan Teknologi 

Insinyur Nuklir

Sebagai pekerja pembangkit nuklir, para insinyur harus menjalani pemeriksaan lingkungan yang amat ketat dengan teknologi yang tinggi. Tetapi untuk teknologi komunikasi, operator pembangkit nuklir masih mengandalkan pager demi mengantisipasi adanya kejadian fatal, mengirimkan peringatan keselamatan, mengawasi peralatan serta mengkonfirmasi adanya perubahan pada proses otomatis. Selain itu, pager bisa menjadi satu-satunya alat komunikasi para teknisi pembangkit nuklir karena tidak ada sinyal internet atau jaringan seluler dalam fasilitas pembangkit. Berbeda dengan ponsel, nada dering pager juga sanggup menembus tembok pembangkit nuklir.

Petugas pemadam kebakaran dan darurat

Petugas situasi darurat di Amerika Serikat masih menggunakan pager sebagai alat komunikasi. Petugas Damkar dan tenaga medis darurat dapat dihubungi oleh warga melalui pager tersebut.  Salah satu keunggulan pager adalah menyampaikan pesan secara singkat dan padat, langsung pada inti masalah dan sangat mudah untuk dimengerti. Tanpa memerlukan pengisian daya seperti pada smartphone, alat ini memiliki durabilitas tinggi tanpa kompromi.

Pengamat burung

Bisa jadi Anda merasa aneh mengapa pengamat burung memerlukan pager sebagai alat berkomunikasi. Para pengamat burung Amerika Serikat memilih untuk tetap menggunakan pager guna memantau serta mendapatkan informasi adanya penampakan burung di sekitar lokasi mereka. Keberadaan burung yang kadang tidak pasti dimana menjadi salah satu hal yang membatasi jangkauan smartphone masa kini.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *