Ternyata Teknologi Modern Berikut ini Merupakan Hasil Karya Anak Bangsa Lho

Ternyata Teknologi Modern Berikut ini Merupakan Hasil Karya Anak Bangsa Lho

Saat ini kita dihadapkan zaman modern di mana dalam menjalankan kehidupan sehari-hari kita harus terpapar teknologi yang berkembang pesat. Agar tidak tertinggal, seluruh negara di dunia harus mengikuti perkembangan teknologi yang terjadi, termasuk Indonesia. Dan ternyata beberapa putra bangsa Indonesia ini mampu menghasilkan karya fenomenal yang diakui oleh dunia. Berikut merupakan beberapa teknologi modern hasil karya anak bangsa yang wajib kita berikan apresiasi.

Ternyata Teknologi Modern Berikut ini Merupakan Hasil Karya Anak Bangsa Lho

Jaringan 4G

4G yang kini tengah menjadi trend di kalangan pengguna smartphone merupakan upgrade teknologi sebelumnya yakni 3G. Dan ternyata teknologi satu ini merupakan buatan pria asal Indonesia dari Jawa Timur yaitu Khoirul Anwar. Ia memiliki ide tersebut sejak tahun 2005 lalu. Teknologi modern ini dibuat dengan upayanya menggabungkan 2 FFT secara berdampingan dengan tujuan agar koneksi menjadi lebih cepat. Pada mulanya idenya ini sempat diolok-olok ilmuwan Jepang dan Australia. Akan tetapi ia tidak menyerah hingga akhirnya idenya ini mendapatkan apresiasi dari Amerika sehingga diberikan hak paten.

Chipset Wimax Xirka

Chipset Wimax Xirka ternyata buatan lokal tetapi telah berprestasi di kancah global. Teknologi modern ini merupakan hasil penelitian PT. Dama Persada dan mulai dikembangkan pada tahun 2006 serta mulai dirilis pada tahun 2009.

Perangkat Pembasmi Kanker

Satu lagi karya anak bangsa yang luar biasa yakni alat pembasmi kanker otak. Kualitas dan khasiatnya telah terbukti. Salah satu teknologi modern yang muncul di bidang kesehatan ini merupakan temuan dari Warsito P. Taruno seorang ilmuan asli Indonesia. Beliau juga nerupakan anggota dari Masyarakat Ilmuwan dan Teknologi Indonesia (MITI). MITI sendiri telah bekerja sama dengan Ctech Laboratory dalam penelitian tersebut dan akhirnya menghasilkan alat pembasmi kanker otak. Alat ini menerapkan sistem listrik statis. Pada Percobaanya, alat pembasmi kanker otak diuji cobakan pada pengidap kanker otak ringan. Hasilnya mengejutkan karena pasien tersebut sembuh dalam waktu 2 bulan. Hingga kini Alat tersebut masih dalam tahap perkembangan dan rencananya diproduksi secara massal.

Panser Anoa

Salah satu kendaraan militer buatan anak bangsa yakni Panser Anoa. Panser sendiri merupakan kendaraan berlapis baja biasanya digunakan untuk kegiatan militer fungsinya adalah sebagai kendaraan angkut pasukan maupun logistik. Kendaraan dengan teknologi modern ini diproduksi oleh PT.PINDAD pada tahun 2006. Panser Anoa memiliki keistimewaan yakni anti peluru. Panser Anoa ini adalah salah satu produk asli Indonesia yang mampu menarik perhatian negara lain seperti Bangladesh, Malaysia, Brunei Darussalam, Oman, hingga Nepal.

Konstruksi Penyangga Jalan Layang

Teknologi modern terakhir yang merupakan penemuan anak bangsa yang penting adalah konstruksi beton penyangga jalan layang. Jalan layang sendiri berfungsi untuk mengurai kemacetan yang sering terjadi tanpa mengganggu lalu lintas.  Penemu konstruksi ini adalah yaitu insinyur asal Ubud bernama Raka Sukawati. Bahkan konstruksi karyanya telah diekspor ke berbagai negara.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *