Tiga Jenis Robot Terbaru Yang Super Canggih

Semakin canggih teknologi seperti sekarang ini banyak melahirkan berbagai inovasi penemuan yang sempat menghebohkan dunia, salah satunya adalah penemuan teknologi robot  terbaru yang membuat masyarakat dunia terkagum-kagum. Banyak para ilmuwan yang menciptakan robot dengan tujuan membantu pekerjaan manusia. Bahkan diprediksi suatu saat nanti banyak tenaga manusia yang akan digantikan oleh robot.

Di satu sisi kehadiran robot menguntungkan, karena banyak pekerjaan yang bisa diselesaikan dengan cepat, namun di sisi lain bisa membawa dampak negative. Misalnya: karena semakin mudah membuat manusia semakin malas, berkurangnya lapangan pekerjaan karena digantikan oleh robot dsb.

Dalam artikel ini kita akan membahas teknologi robot terbaru yang dihasilkan oleh para ilmuwan yang super canggih. Langsung saja simak ulasannya berikut ini:

  • Robobees Membantu Menemukan Korban Bencana

Robot yang memiliki maa mekanik ini menyorotkan sinar laser yang membantu robot ini terbang tanpa menabrak benda yang ada di depannya. Selain itu, keistimewaan robot ini adalah dapat membantu menemukan orang-orang yang mengkontrol laptop, smartphone dan teknologi lainnya yang hanya menggunakan gesture.

Sekarang para ilmuwan tengah mengembangkan teknologi karena terinspirasi secara biologi yaitu robot yang mirip lebah, bisa terbang dinamakan RoboBees. Robot tersebut bisa digunakan untuk proses penyerbukan tanaman hingga menemukan korban bencana alam.

Baca Juga: Deretan Robot Terbaru Tahun 20162017

Dibalik kecanggihan robot tersebut ternyata memiliki kelemahan yaitu tidak bisa memperkirakan jarak sehingga robot tersebut akan kesulitan menentukan waktu yang tepat untuk terbang menuju suatu tempat.  Untuk mengatasi kekurangan tersebut, para ilmuwan kini melengkapi Robobees dengan teknologi laser berbasis radar. Yang mempermudah menghitung jarak, bentuk dan ukuran suatu objek. Selain itu sinar lasernya aman untuk mata.

  • Robot Pengangkut Sampah

Robot yang dilengkapi dengan roda ini, hadir di tengah masyarakat untuk mengatasi masalah lingkungan sekitar, yaitu mengangkut sampah. Pabrik otomotif dari Swedia bersama dengan partnernya dari Universitas-Universitas di Swedia dan Amerika sedang mengembangkan robot untuk mengambil dan membuang sampah ke truk sampah.

Namun proyek robot tersebut membuat beberapa petugas kebersihan merasa khawatir akan kehilangan pekerjaannya. Namun bagi para pengemudi truk robot tersebut bisa menguntungkan karena pengemudi hanya yang memegang kendali, sedangkan proses mengangkut sampah dikerjakan oleh robot. Karena pengemudilah yang akan mengontrol sistem operasi robot sampah.

  • Robot Pembersih Air Kotor

Robot ini terinspirasi oleh tukang perahu yang membersihkan gulma atau kotoran di air. Pencipta robot ini adalah tim dari Universitas Bristol. Robot prototype yang dirancang untuk dapat melewati air dalam kolam atau danau yang kotor inidapat memakan mikroba dengan cara dihancurkan kemudian disalurkan ke bawah perut buatan. Mikroba tersebut menjadi energi yang bisa memberikan tenaga.

Selain tiga jenis robot terbaru tersebut, masih banyak jenis robot lainnya yang tidak kalah canggih dan modern.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *