Tips Membeli Kamera Mirrorless Agar Tidak Menyesal

Dapat dikatakan kamera mirrorless sedang menjadi trend di kalangan remaja dan anak muda. Sepertinya tidak lengkap jika memotret objek tanpa menggunakan kamera ini. sayangnya banyak yang asal membeli kamera, sehingga tidak jarang banyak dari mereka yang tertipu pedagang tidak bertanggung jawab, karena hanya membeli dengan pedoman asal murah. Agar Anda tidak tertipu, berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan.

Pertama, perhatikan kebutuhan terlebih dahulu. Prinsip ini harus dipikirkan dengan baik saat pertama kali membeli, entah apapun itu gadgetnya. Untuk kamera ini, Anda bisa menanyakan diri Anda sendiri sebelum melakukan pembelian, apa sebenarnya tujuan membeli kamera ini. apakah untuk mengambil gambar pemandangan, untuk ngevlog, atau untuk bergaya saja. Bila sudah mengetahui apa kebutuhan Anda membeli kamera, Anda bisa menentukan kualitas kamera yang akan Anda beli, pada dasarnya setiap kamera yang akan dibeli memiliki kelebihan masing-masing, usahakan memilih yang memiliki lensa. Karena, jika baru pertama kali membeli, Anda masih membutuhkan banyak pengetahuan, sehingga jika sepaket dengan lensa, Anda bisa memilih, mana lensa yang akan digunakan.

Kedua, tidak perlu membeli kamera mirrorless mahal, asalkan sesuai dengan kebutuhan. Karena melakukan pembelian kamera pertama kali, pasti Anda membeli untuk belajar mengambil gambar bukan? Jadi, tidak perlu langsung membeli kamera yang memiliki harga mahal, cukup membeli kamera yang memiliki harga murah dan terjangkau. Semisal hasrat mengambil gambar dengan mirrorless tiba-tiba sirna, Anda tidak akan menyesal.

Ketiga, sensor yang disediakan kamera. Mengapa harus demikian? Beda sensor yang digunakan, hasil foto juga akan ikut berbeda. biasanya terdapat 3 sensor yang biasa digunakan di kamera yakni APS-C, full frame hingga four thirds. Tiga sensor ini mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing, namun bila mempertimbangkan hasil foto yang jernih dan indah, maka kamera yang memiliki sensor full frame bisa Anda jadikan sebagai pilihan, karena full frame diklaim lebih banyak dan lebih baik menangkap cahaya, sehingga gambar yang dihasilkan akan maksimal.

Terakhir, kualitas kamera yang baik. bila Anda ingin menggunakan mirrorless untuk ngevlog, Anda harus memiliki kamera yang baik. paling mudah, Anda dapat mempertimbangkan kemampuan autofocus ketika melakukan pembelian kamera, bayangkan jika fitur ini jelek, sudah pasti Anda akan susah memperoleh fokus video yang jernih dan baik. hasilnya vlog akan jelek dan kurang memuaskan.

Ada beberapa pilihan kamera mirrorless yang bisa Anda ambil, antara lain:

Kamera Mirrorless, Tips Membeli Agar Tidak Menyesal

• Fujifilm XQ2. Kamera ini memiliki harga Rp 5 jutaan saja. Walaupun memiliki harga murah, jangan pernah meremehkan fitur yang dimiliki kamera ini. kamera yang berlayar 3 inch ini memiliki sensor X-Trans CMOS II dengan resolusi sebesar 12 M,
• Pentax Q S1. Kamera ini dibanderol dengan harga Rp 6 jutaan. kamera dengan layar 3 inch ini diklaim telah memiliki berbagai fitur menawan. Beberapa diantaranya seperti resolusi 12 MP, hingga ISO Auto 100-12800. Desain kamera ini cukup unik dan mempertahankan kesan vintage yang sangat gagah,
• Olympus PEN E-PL 6. Olympus PEN E-PL 6 mempunyai harga yang cukup terjangkau, harganya hanya Rp 4 jutaan saja. Olympus PEN E-PL 6 mempunyai kualitas yang tidak murahan karena memiliki layar LCD slide touchscreen 3 inch dengan berbagai macam fitur unggulan yang dimilikinya seperti shutter log yang singkat dan art filter yang begitu menawan. Jadi tidak rugi jika Anda memilih membeli Olympus PEN E-PL 6.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *