Tips Memilih Hoverboard yang Baik dan Aman

Tips Memilih Hoverboard yang Baik dan Aman

Hoverboard merupakan salah satu mainan yang sedang populer di kalangan masyarakat dunia saat ini. Jika Anda berpergian ke mall atau tempat umum, pastinya sering melihat anak-anak ataupun orang dewasa berseliweran menggunakan mainan beroda dua ini. Jika Anda pernah memainkan game Android yaitu Subway Surfers, pastinya tak asing lagi dengan benda ini.

Tips Memilih Hoverboard yang Baik dan Aman

Apakah Mainan ini Aman Digunakan?

Ada kasus mengenai hoverboard yang sempat gempar beberapa waktu yang lalu. Mainan ini meledak ketika digunakan di dalam salah satu rumah yang terletak di Lousiana, Amerika Serikat hingga membakar isi rumah tersebut. Tak hanya itu, di negara yang sama juga kembali terjadi kasus meledaknya mainan ini. Kali ini, kasus tersebut terjadi di dalam mall, sehingga meresahkan para pengunjung bahkan mereka sempat diungsikan demi keamanan. Hal ini berimbas pada penjualan mainan ini, dimana benda populer ini dicabut dari daftar penjualan di beberapa toko online.

Hoverboard Meledak Karena Masalah Baterai

Kasus meledaknya hoverboard di tempat umum memang sempat menjadi perhatian khusus. Popularitasnya yang sedang naik daun, membuat mainan ini banyak dibeli orang-orang sebagai kado istimewa di akhir tahun. Namun, apa jadinya jika kado yang diberikan sangat membahayakan? Hal inilah yang memicu para peneliti elektronik untuk mencari tahu penyebab meledaknya mainan ini.

Profesor Material Science & Engineering asal Carnegia Mellon University, Jay Whitacre, menyatakan penyebab meledaknya hoverboard kemungkinan dikarenakan oleh kualitas baterai. Semakin bervariasi harga mainan ini di pasara, tidak menutup kemungkinan salah satu komponen dikorbankan. Salah satu komponennya yaitu baterai. Bisa jadi kualitas baterai Lithium-ion pada mainan ini ditukar atau diganti dengan kualitas baterai standar lainnya. Terlebih lagi, jika harga jual mainan ini tersebut semakin murah, kualitas baterai yang dimilikinya juga tidak memuaskan. Harga hoverboard dengan kualitas yang cukup baik dan berkualitas biasanya berkisar Rp 5,5 – Rp 7 juta.

Tips Membeli Hoverboard yang Aman

Banyaknya harga hoverboard yang semakin tinggi atau mahal, menjadi alasan masyarakat untuk membeli mainan ini lain yang harganya jauh lebih terjangkau. Perlu Anda perhatikan, kualitas barang yang bagus tentu dibaliknya ada harga yang juga sangat bagus. Ada beberapa hal yang perlu Anda pastikan jika hendak membeli mainan ini, salah satunya yaitu mengenai produsennya, apakah terpercaya atau sebaliknya. Salah satu produsen mainan ini yang kualitasnya tak diragukan lagi yaitu Razor dan juga swagway.

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan jaminan ataupun garansi yang diberikan oleh pihak penjual saat Anda membeli barang tersebut. Kegunaan garansi barang tersebut bermanfaat jika sewaktu-waktu mainan ini yang Anda beli mengalami error atau kerusakan diluar tanggung jawab pembeli. Jadilah pembeli yang cerdas dan selektif dalam memilih barang dan harga yang ramah dompet.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *