Tips Memilih Webcam yang Tepat sesuai Kebutuhan

Tips Memilih Webcam yang Tepat sesuai Kebutuhan

Jika Anda termasuk kepada orang yang sering melakukan komunikasi foto atau video, tentu tidak asing dengan webcam. Dulunya, produk ini digunakan untuk berkomunikasi melalui aplikasi chatting untuk mengobrol atau video call. Seiring perkembangan teknologi, banyak produk dikeluarkan yang memiliki fitur dan fungsi yang beragam, seperti disertai dengan fitur perekaman, pengawasan dan sebagainya.

Tips Memilih Webcam yang Tepat sesuai Kebutuhan

Semakin banyaknya pilihan webcam di pasaran, tentu Anda pun akan kesulitan untuk memilih produk mana yang tepat bagi Anda. Jika Anda ingin memakai alat tersebut, tentunya banyak hal harus Anda perhatikan. Berikut beberapa tips yang bisa Anda simak sebelum memilih webcam.

Perhatikan Fitur yang tersedia

Anda harus menyesuaikan fitur yang disediakan oleh produk tersebut dengan kebutuhan Anda. Jika Anda akan menggunakannya untuk keperluan berkomunikasi lewat video call, atau misalnya latihan percakapan multibahasa, perhatikan, adakah perangkat mikrofon atau speaker yang tersedia pada bodi webcam untuk memudahkan Anda nantinya.

Jika Anda membutuhkannya untuk pengawasan anak atau hewan peliharaan, atau untuk kamera pengintai, Anda bisa dengan fitur dan kelengkapan seperti night mode webcam, sinkronisasi smartphone atau perangkat komputasi, dan fungsi perekaman.  Selain fitur, perhatikan juga ketahanannya. Jika untuk disimpan di luar ruangan, pilih yang tahan terhadap air atau debu.

Kualitas Gambar

Sebelum membeli, perhatikan terlebih dulu jumlah pikselnya, seperti pada kamera digital, atau smartphone. Semakin tinggi jumlah pikselnya, kualitas gambar pun akan semakin bagus. Meskipun memang, pengaruh lain pun bisa berpengaruh pada kualitas gambar, namun jika Anda tahu bahwa pikselnya tinggi, tentunya produk itu mempunyai elemen-elemen seperti sensor yang sama berkualitasnya.

Anda juga harus perhatikan resolusinya layar monitor (LCD) yang akan menampilkan warna untuk menghasilkan output gambar, sehingga jika resolusinya bagus, gambar atau video yang dihasilkan pun akan semakin jernih. Anda bisa mengetahuinya dengan melihat frame rate-nya.  Selain itu, perhatikan juga jarak jangkauan yang bisa ditangkap oleh lensanya. Semakin luas sudutnya, akan semakin luas juga area yang bisa tertangkap. Ini penting jika Anda akan menggunakannya untuk pengawasan anak-anak atau hewan peliharaan.

Perhatikan Harganya

Anda harus berhati-hati dan teliti dalam memperhatikan harga yang ditawarkan. Biasanya, untuk webcam dengan model biasa, harganya berkisar di bawah 1 jutaan. Atau produk dengan model menengah harganya bisa sampai 3 juta, tentunya jika Anda memilih produk dengan model yang tinggi, harga akan berkisar di atas 3 juta. Jika Anda hanya memerlukannya untuk media chatting atau video call, pilihlah yang memiliki fungsi sesuai dengan kebutuhan Anda. Kecuali jika Anda akan menggunakannya untuk pengawasan atau pengamanan, tentu produk yang lebih bagus dan berkualitas bisa menjadi pilihan Anda.

Fleksibiltas

Meskipun kebanyakan orang akan menggunakan webcam pada perangkat komputer, namun tak jarang juga ada yang ingin memasangkannya pada selain PC. Untuk itu, fleksibilitas dalam hal ukuran dan ketepatan dalam pemasangan sangat diperlukan.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *