Tips Pertimbangan Sebelum Membeli Kamera Canggih Sekelas DSLR Maupun Mirrorless

Tips Pertimbangan Sebelum Membeli Kamera Canggih Sekelas DSLR Maupun Mirrorless

Tentu kita pernah mengintip galeri para penggiat sosial media, baik facebook maupun instagram yang menampilkan objek foto dengan sangat bagus, atau juga sering melihat video yang diunggah para vlogger maupun youtuber dengan hasil gambar yang berkualitas. Sebagian besar followers-nya biasanya mencari tahu kamera canggih jenis apa yang biasa digunakan dengan bertanya langsung pemilik akun yang diikuti.

Tips Pertimbangan Sebelum Membeli Kamera Canggih Sekelas DSLR Maupun Mirrorless 

Biasanya melihat postingan dengan gambar yang bagus memunculkan keinginan kita untuk memiliki kamera sejenis seperti yang dipakai oleh akun sosial media yang kita ikuti. Umumnya kamera yang digunakan adalah kamera jenis DSLR maupun mirrorless. Kamera jenis ini cenderung lebih mahal dan lebih rumit pemakaiannya dibandingkan dengan membidik langsung objek foto dengan kamera smartphone. Namun pastinya hasil objek foto yang dihasilkan akan lebih bagus untuk kebutuhan fotografi. Agar Anda tidak menyesal setelah membeli kamera jenis ini, sebaiknya Anda mempertimbangkan banyak hal terlebih dahulu, diantaranya adalah:

  • Untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan.

Anda harus menentukan membeli kamera canggih dengan alasan untuk kebutuhan ataukah hanya untuk memenuhi keinginan saja. Hal ini akan menentukan saat memilih kamera serta penggunaan kamera di kemudian harinya. Jika hanya untuk keinginan saja terkadang seseorang membeli suatu barang hanya dari tampilan bodi luarnya saja yang asalkan bagus dan terlihat keren, serta enak dilihat banyak orang maka akan langsung dibeli kamera tersebut. Berbeda lagi jika Anda membeli kamera untuk memenuhi kebutuhan. Tentu Anda akan memilih kamera dengan spesifikasi yang bagus dan mendukung untuk pekerjaan yang membutuhkan peran dari kamera yang Anda beli.

  • Harga dan budget.

Kedua hal ini saling berhubungan secara langsung. Jika Anda menginginkan kamera dengan harga tertentu namun budget tidak mencukupi tentu akan sangat merepotkan. Jika Anda memiliki budget yang berlebih, kamera dengan harga berapapun tentu tidak akan masalah bagi Anda. Namun jika budget yang Anda miliki itu terbatas, maka jalan terbaik adalah dengan menyeleksi berbagai harga kamera dengan kisaran budget yang Anda miliki. Jika Anda menginginkan kamera namun harganya melebihi budget yang dimiliki, lebih baik menahan diri terlebih dahulu dan menyiapkan budget dengan cara menabung.

  • Tujuan membeli kamera.

Anda harus mengetahui tujuan dari membeli kamera, untuk kegiatan wisata, dokumentasi perusahaan, atau untuk kegiatan profesional fotografi.

  • Kualitas gambar yang dihasilkan.

Jika Anda berniat mencetak hasil bidikan kamera untuk galeri atau pajangan dalam ukuran yang besar, maka kamera dengan kualitas gambar yang bagus akan sangat membantu. Namun jika hanya untuk upload di berbagai sosial media, maka kamera mirrorless maupun DSLR yang sederhana sudah mencukupi.

  • Konektivitas kamera.

Rata-rata kamera saat ini sudah dilengkapi dengan fitur yang mendukung Wifi sehingga memudahkan untuk memudahkan menyalin foto dari kamera ke smartphone.

  • Perlu pergantian lensa atau tidak.

Memilih kamera merk tertentu akan menentukan lensa yang digunakan. Karena kamera tertentu tidak bisa dipasangkan lensa dari merk lain.

  • Merk.

Kamera canggih mulai dari DSLR maupun mirrorless di pasaran menawarkan merk yang beragam. Pilihlah kamera dengan merk yang sudah terbukti bagus, seperti Nikon, Canon, maupun Sony bisa menjadi pertimbangan.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *