Trik Mengubah Sistem Baterai Wireless Pada Smartphone

Bagi para pengguna smartphone, alat canggih yang satu ini mungkin dapat digunakan sebagai salah satu solusi praktis yang dapat digunakan untuk menambahkan daya pengisian baterai mereka, tanpa harus menggunakan kabel untuk menghubungkan smartphone dengan charger yang akan digunakan. Hanya dengan memanfaatkan teknologi Wi-Fi yang ada pada smartphone baterai wireless atau yang biasa disebut dengan wireless charger akan secara otomatis melakukan pengisian daya pada smartphone yang Anda miliki.

Teknologi ini memang memberikan tingkat kemudahan dan kepraktisan tersendiri untuk digunakan para pemilik smartphone. Namun tahukah Anda, bahwa tidak semua smartphone keluaran terdahulu memiliki sistem baterai yang mampu mensupport sistem pengecasan ini, dan hanya jenis-jenis smartphone tertentu saja yang dapat mensupport sistem pengisian baterai ini. Bagi Anda yang memiliki smartphone dengan sistem pengisian baterai yang tidak support sistem pengisian wireless, mungkin tips berikut ini dapat Anda lakukan, agar baterai Anda dapat menerima pengisian baterai melalui wireless charger. Trik ini mungkin akan lebih menghemat budget Anda, jika dibandingkan dengan Anda harus membeli smartphone baru yang support terhadap wireless charger.

Berikut ini beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengubah smartphone agar dapat mensupport baterai wireless sebagai sistem pengisian pada smartphone lama yang Anda miliki, yang antara lain adalah:

  • Belilah alat pengubah mode charger, yang biasanya berbentuk plastik tipis dengan kumparan didalamnya, dimana alat ini dapat Anda beli di berbagai toko aksesoris handphone dan memiliki harga sekitar 120 ribuan rupiah.
  • Buka casing atau pun penutup baterai, untuk nantinya dipasang dengan plastik pengubah mode.
  • Untuk memasang plastik tipis alat pengubah mode tersebut, Anda harus membuka selotip ataupun stiker yang ada pada plastik, baru kemudian menempelkannya pada belakang baterai smartphone.
  • Perhatikan pin yang terdapat pada alat pengubah mode, pastikan bahwa pin tersebut terpasang dengan baik pada konektor baterai, karena pin inilah yang nantinya akan menghubungkan baterai dengan wireless charger dengan menggunakan bantuan Wi-Fi.

Sebelum Anda menutup chasing smartphone, pastikan bahwa alat pengubah mode tersebut terpasang dengan benar dan tidak goyah, agar nantinya dapat digunakan dengan optimal. Untuk mengecek apakah alat pengubah mode ini berjalan dengan optimal, Anda harus menutup cashing dan menyalakan smartphone yang Anda miliki. Apabila pada layar smartphone sudah muncul wireless charging, hal tersebut berarti bahwa alat pengubah mode sudah Anda pasang dengan benar.

Trik mengubah sistem pengisian baterai wireless pada smartphone Anda ini dapat Anda lakukan sendiri di rumah dengan mudah, dengan catatan bahwa smartphone yang Anda gunakan telah memiliki sistem Wi-Fi didalamnya. Alat pengubah mode yang akan Anda gunakan sendiri, dipasaran tersedia dalam dua versi yaitu versi universal yang dapat digunakan untuk seluruh smartphone dan versi special untuk smartphone tertentu.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *