Uang Digital Sebagai Alat Transaksi Pembayaran Digital

Dengan berkembangnya teknologi di zaman modern seperti hari ini. Banyak perubahan-perubahan yang cukup signifikan bagi perubahan dunia kita. Salah satunya adalah alat pembayaran yang kini lebih maju dan modern. Dengan munculnya Uang Digital sebagai alat pembayaran transaksi digital. Yang lebih cepat, mudah dan efesiens. Hal ini menandakan dunia sedang menghadapi masa depan dan uang yang biasanya juga disebut uang elektronik bisa menggantikan uang konvensional yang kita kenal saat ini.

Uang digital bisa juga disebut suatu bentuk uang elektronik yang dapat digunakan untuk membayar barang dan jasa, paling sering di internet atau media elektronik lain. Setelah menerima otorisasi pembeli dari pembayaran, kontak vendor bank penerbit dan menerima transfer dana.

Contoh nyata dari uang elektronik  ini adalah kaspay. Fungsi dari e-money ini adalah stored value. Yang dimaksud dengan stored value ini adalah pemilik e-money harus menyetorkan sejumlah uang ke vendor dari uang elektronik ini kemudian baru uang elektronik  ini bisa digunakan untuk transaksi secara digital dan online. Mudah dan cepat penggunaannya. Dan tentunya mampu  memberikan pelayanan kemudahan tuntas, dan cepat dalam melakukan transaksi transaksi pembayaran tanpa perlu membawa uang tunai.

Ada beberapa cara untuk memperoleh mata uang digital. Salah satunya adalah dengan melakukan pekerjaan untuk mata uang digital. Banyak forum dan komunitas online yang didedikasikan untuk memposting pekerjaan untuk mata uang digital. Karena mata uang digital dapat diperdagangkan dengan cepat melalui internet, pekerjaan yang membayar di dalamnya sering kali berhubungan dengan lingkungan online.

Uang yang berbentuk digital atau elektronik bisa selalu  dirasakan manfaat  dalam transaksi Anda di Internet dengan cara elektronik/digital. Biasanya, transaksi secara online di internet tentunya  melibatkan penggunaan jaringan komputer (seperti internet dan sistem penyimpanan harga digital). Atau Electronic Funds Transfer (yang disingkat menjadi: EFT) ialah sebuah contoh uang elektronik untuk pembayaran secara online di internet.

Uang elektronik memiliki nilai tersimpan (stored-value) atau prabayar (prepaid) dimana sejumlah nilai uang disimpan dalam suatu media elektronis yang dimiliki seseorang. Nilai uang dalam e-money akan berkurang pada saat konsumen menggunakannya untuk pembayaran. E-money dapat digunakan untuk berbagai macam jenis pembayaran (multi purpose) dan berbeda dengan instrumen single purpose seperti kartu telepon.

Uang elektronik merupakan bidang yang menarik dalam kriptografi (lihat, hasil kerja David Chaum), penggunaan uang digital sampai sekarang masih dalam skala-kecil. Satu kesuksesan yang jarang adalah kartu Octopus Hong Kong, yang dimulai sebagai sistem pembayaran transit dan telah tumbuh menjadi sistem uang kas yang banyak digunakan umum. Sukses lainnya adalah jaringan Interac Kanada, yang pada tahun 2000, telah melewati pembayaran uang tunai dalam bidang retail di Kanada. Secara teknis, uang elektronik dapat menjadi sebuah mata uang yang independen, seperti e-Gold atau seperti Euro sebelum tender legal Eura diperkenalkan pada 2002.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *