Ulasan Seputar Satelit Palapa D dan Fungsi yang Diberikan

Ulasan Seputar Satelit Palapa D dan Fungsi yang Diberikan

Satelit merupakan beda yang mengorbit pada benda langit yang lebih besar, satelit tersebut akan bergerak mengitari sebuah benda yang lebih besar daripada ukurannya. Dimana satelit ini mempunyai dua jenis yang ada yaitu satelit alam dan juga satelit buatan manusia. Negara biasanya mempunyai satelit ini yang digunakan untuk banyak hal dan juga fungsi yang akan diberikan. Biasanya fungsi umum dari satelit tersebut adalah untuk dapat memberikan informasi mengenai benda langit lainnya seperti bulan dan yang lain. Selain itu satelit juga bisa digunakan untuk membantu komunikasi lebih baik seperti fungsi satelit Palapa d, dapat untuk menemukan sumur minyak, dapat dimanfaatkan untuk mengamati perkembangan tanaman, dan juga mempelajari polusi.

 Ulasan Seputar Satelit Palapa D dan Fungsi yang Diberikan

Telah disebutkan di atas bahwa negara mempunyai satelit sendiri, misalnya ada satelit Sputnik 1 yang merupakan milik Uni Soviet. Sedangkan untuk satelit milik Indonesia adalah satelit Palapa. Satelit Palapa ini merupakan satelit komunikasi yang pertama kali diluncurkan pada tahun 1976 dengan nomor serinya Palapa A-1. Perkiraan usia satelit Palapa tersebut sekitar 7 tahun dan bisa untuk membantu untuk membuat siaran televisi semakin luas dan dapat dinikmati oleh masyarakat di Indonesia.

Satelit Palapa tersebut dapat untuk membantu pemancar untuk mendapatkan gambar dan juga lebih banyak frekuensi. Sehingga masyarakat di Indonesia bisa untuk menikmati berbagai channel dari daerah lainnya. Siaran televisi umumnya mempunyai pusat di Jakarta, sehingga untuk memancarkan atau transmitter ke daerah lain dari di wilayah Jawa hingga di wilayah timur maka membutuhkan fungsi yang diberikan oleh satelit Palapa tersebut. Dengan begitu nantinya stasiun relay tersebut akan dapat untuk memancarkan dan ditangkap dengan antena yang ada di televisi masyarakat.

 Baca Juga:Satelit Palapa D, Satelit Telekomunikasi Terbaik dari Indonesia

Satelit Palapa mempunyai banyak kode dan berfungsi untuk bermacam-macam hal. Misalnya generasi satelit Palapa d yang diluncurkan pada tahun 2009 dengan durasi misi selama 15 tahun. Jenis ini adalah satelit komunikasi Indonesia yang dipunyai dan diresmikan oleh PT Indosat sebagai salah satu provider besar. Satelit ini menggunakan roket long march 3B dan dibuat oleh Thales Alenia Space dari Perancis.

Fungsi pelayanan yang diberikan oleh satelit Palapa d ini adalah untuk backbone Indosat sehingga akan dapat dimanfaatkan oleh layanan Indosat untuk telepon seluler, telepon tetap, dan juga sirkuit sewa. Selain itu segmen lainnya yang bisa dimanfaatkan menggunakan satelit ini adalah pada umumnya untuk broadcaster radio dan juga televisi domestik. Sehingga akan bisa untuk menerima jaringan dari jaringan televisi lainnya. Misalnya beberapa pengguna layanan Palapa d untuk televisi di Indonesia adalah dari Bali TV, DAAI TV, GTV, Indosiar, Jak tv dan lainnya. Sedangkan untuk radio yang menggunakan layanan ini adalah dari Radio Edukasi, Rodja, dan radio lainnya.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *