Wolt Robot Deliveries, Robot Teknologi Pengantar Makanan Terbaru

Kehidupan manusia di era yang serba modern dan serba digital ini telah banyak berubah dibanding kehidupan sebelumnya karena segala sesuatu kini lebih mudah dan praktis. Jika yang Anda fikir hanya tentang teknologi ponsel atau komputer, maka hal ini lebih luas lagi karena robot teknologi juga telah dengan mudah ditemukan di sekitar kehidupan. Beberapa teknologi robot ini ada yang hanya dibuat dalam satu produksi saja untuk keperluan khusus dan banyak juga robot yang diproduksi dalam jumlah massal.

Setelah beberapa waktu yang lalu publik sempat dihebohkan dengan adanya robot receptionist, robot pelayan dan jenis robot lainnya, kini ada lagi jenis robot teknologi baru yang bisa mengantarkan makanan. Robot ini sebetulnya adalah hasil dari rancangan untuk kompetisi robot yang telah digelar oleh NASA beberapa waktu lalu dimana NASA butuh robot yang bisa mengambil sampel batu dari planet Mars. Namun robot ini tidak memenangkan kompetisi sehingga beralih fungsi sebagai robot pengantar makanan restoran.

Berdasarkan informasi, penggagas pertama rancangan robot ini adalah Ahti Heinla yang berkewarganegaraan Estonia dan kemudian dibantu oleh Janus Friis yaitu co founder Skype. Percobaan terhadap robot ini pertama kali dilakukan di Estonia dimana robot ini mengantar makanan kepada produser TV yang bernama Liisi Molder ketika musim dingin bulan Februari 2017 lalu. Sang produser ini memesan makanan di restoran Umami dan memberi instruksi kepada robot tersebut untuk mengantar makanan ke rumahnya. Ternyata hasilnya luar biasa karena robot ini tidak mengalami kendala selama perjalanan, bahkan Ia bisa melalui jalanan tidak rata, bebatuan hingga anak tangga yang kecil.

Baca Juga: Mengenal Serba-serbi Robot Teknologi Forex

Dalam segi kecepatan, robot ini memang tidak terlalu cepat yaitu 6 km per jam sehingga makanan yang dibawa tetap aman dan Ia pun bisa lebih melewati medan dengan baik. Kabar yang beredar menyatakan jika robot ini bekerja sama dengan perusahaan bidang jasa pengantar makanan bernama Folt di Finlandia. Bahkan robot ini juga bisa dipakai dalam alternatif pengganti kendaraan pribadi ketika seseorang tidak sempat atau bahkan malas dalam memesan makanan dengan jarak yang tidak begitu jauh.

Saat ini, robot teknologi pengantar makanan ini sudah beroperasi di 4 restoran di negara Estonia sebagai percobaannya dan bahkan untuk wilayah Amerika, robot ini akan dicoba untuk bisa membeli belanjaan dan bingkisan di daerah Red Wood City, Washington serta perusahaan IT California. Wolt Robot Deliveries memiliki kelebihan dimana telah dilengkapi adanya 9 kamera dengan sensor deteksi wajah manusia dan gerakannya. Selain itu, robot ini juga mampu membaca lampu lalu lintas serta rute jalan sederhana. Canggih bukan?

 

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *