5 Aplikasi Menggambar Paling Mudah Bagi Pemula

aplikasi menggambar 1

aplikasi menggambar 1

Saat ini ada beragam aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan dan hobi kita, salah satunya aplikasi menggambar. Kini kita tidak memerlukan kertas gambar, crayon, kuas, atau cat air untuk menggambar. Cukup dengan menggunakan jari-jari saja, kita sudah bisa menghasilkan gambar yang indah. Kecanggihan teknologi saat ini memungkinkan kita untuk menggambar melalui aplikasi di komputer atau PC. Memang menggambar dengan aplikasi menggambar akan menghasilkan gambar dengan sentuhan yang berbeda dibandingkan dengan menggambar secara langsung di buku gambar atau kanvas.

Namun menggambar dengan aplikasi juga tetap menghasilkan gambar yang bagus dan indah. Jangan khawatir dengan cara pembuatan yang rumit karena ada banyak aplikasi menggambar yang mudah untuk diikuti.

5 Aplikasi Menggambar Paling Mudah Bagi Pemula

aplikasi menggambar 2

PencilApp

Bagi kalian yang masih pemula, kamu bisa mencoba aplikasi PencilApp ini. Aplikasi yang baru saja dirilis ini didesain sangat sederhana sehingga pengguna yang baru pemula pun mudah menggunakannya. Aplikasi PencilApp ini berbasis web sehingga bisa digunakan di PC. Kelebihan aplikasi PencilApp ini yaitu mampu membuat sketsa dengan cepat dan mudah, fitur yang minimalis, dan mampu mengubah ukuran dari suatu teks. Fitur yang tersedia di aplikasi ini yaitu penghapus, pensil, dan teks. Namun kekurangan aplikasi ini yaitu tidak ada perintah Undo sehingga kita harus menghapus atau mengedit gambar secara manual.

aplikasi menggambar 3

Sumopaint

Aplikasi ini dikenal karena memiliki fitur yang sangat lengkap. Bagi kalian yang belum bisa menggunakan Adobe Photoshop namun ingin menghasilkan gambar yang bagus dan berkelas, aplikasi ini bisa menjadi pilihan karena aplikasi hampir mirip seperti Adobe Photoshop versi web. Lewat aplikasi ini, kita dapat mengedit gambar yang sudah ada ataupun membuat gambar baru sesuai keinginan. Fitur-fitur yang tersedia jauh lebih lengkap dibandingkan PencilApp yang sangat sederhana. Beberapa fitur yang ada di Sumopaint diantaranya blur, blending mode, layering, dan lain-lain. Untuk mengatur keseimbangan warna, kontras, dan kecerahan gambar, Sumopaint ini sudah memiliki fitur yang dapat membantu kita untuk mengatur hal-hal tersebut.

aplikasi menggambar 4

Sketch.io

Tidak hanya Sumopaint yang memiliki fitur lengkap, aplikasi Sketch.io juga dikenal memiliki banyak fitur yang memudahkan bagi penggunanya. Aplikasi ini memiliki banyak fitur serta berbasis HTML5. Hebatnya lagi, aplikasi ini bisa membantu kita memasukkan suatu file PDF ke dalamnya sehingga kalian tidak perlu bingung saat harus menggabungkan gambar dari PDF ke sketsa yang dibuat. Kelebihan aplikasi ini yaitu kita dapat mengekspor hasil gambar yang dibuat ke desktop di mana cara tersebut jauh lebih efisien daripada harus mengunduh, mengisi, mencetak, scanning dan lain sebagainya. Ada fitur Undo dan Redo juga yang bisa membatalkan atau mengembalikan lagi hasil sketsa gambar.

Draw Island

Aplikasi belajar menggambar yang satu ini cocok bagi kalian yang ingin membuat animasi GIF. Kita juga dapat memilih berbagai ukuran kanvas untuk menggambar dan bisa meningkatkan ukuran dari opacity. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur Undo dan Redo untuk menghapus atau mengembalikan lagi sketsa gambar.

Sketchpad

Satu lagi aplikasi menggambar yang mudah namun lengkap fiturnya yakni Sketchpad. Sketchpad adalah aplikasi menggambar berbasis web yang dibangun menggunakan HTML5. Kelebihan aplikasi ini yaitu dapat menggabungkan editing vektor dengan efek WebGL sehingga kita dapat membuat apa pun gambar yang diinginkan. Fitur-fitur yang tersedia di aplikasi ini di antaranya kuas, teks, shape, spirograph, warna, dan lain-lain.