Begini Cara Mengecilkan Ukuran Foto dan Beragam Manfaatnya

 

 

Alangkah menyenangkannya berurusan dengan hal-hal berbau fotografi. Bagi kamu yang hobi fotografi, tentulah kegiatan foto, mencari obyek foto, dan editing menjadi proses yang sangat kamu nikmati. Ya, kita harus bersyukur teknologi mengantarkan kita pada suatu era yang seperti sekarang. Sekarang kamera sudah serba canggih bahkan dijual dengan harga cukup murah. Inilah yang menyebabkan hobi fotografi menjamur di mana-mana, mulai dari kota besar hingga daerah pinggiran. Dengan alat yang canggih dan harga murah, tidak ada lagi penghalang bagi orang biasa untuk menekuni dunia fotografi. Padahal dulu, sulit sekali menjadi seorang fotografer. Teknologi serba terbatas, kamera masih analog, harus cetak foto secara manual, belum lagi alat-alat dan roll film terasa cukup mahal, boro-boro untuk melakukan resize dan compress foto. Tak heran, di masa lampau kegiatan foto hanya terjadi sekenanya saja, tidak bisa setiap saat.

 

Namun kini, kalau kita berkunjung ke Instagram saja, hampir semua orang punya foto-foto yang mereka ambil sendiri, entah itu lewat kamera ponsel ataupun lewat kamera digitalnya. Bahkan, hanya dari foto-foto sederhana ini banyak selebgram yang memperoleh keuntungan, mereka punya banyak follower kemudian mendapatkan endorsment, lalu pundi-pundi uang mengalir. Inilah yang disebut era kemajuan fotografi dan teknologi.

 

Jadi, nampaknya kebutuhan akan foto-foto bagus sudah menjadi kebutuhan umum bagi banyak orang yang berkecimpung di dunia maya. Kamu juga bisa kok menjadi seperti selebgram dengan banyak foto keren ini, kamu hanya perlu mengetahui beberapa tips-tips fotografi saja sehingga memperoleh hasil foto yang maksimal. Kamu bisa mulai mencari informasinya di google, atau langsung bertanya pada temanmu yang cukup mahir.

 

Ada juga beberapa teknik wajib yang harus juga kamu kuasai, seperti memberikan warna atau tone yang menarik pada fotomu. Ini adalah teknik wajib yang harus kamu kuasai. Ada juga teknik yang lebih rumit seperti retouch foto untuk memperbaiki hasil foto asli yang kurang cantik, ya biasanya ini dilakukan oleh vendor foto profesional, jadi tidak terlalu urgen untuk kamu kuasai.

 

Kamu juga harus tahu cara mengecilkan ukuran foto, ini bisa kamu lakukan di Photoshop kok. Ya, sadar atau tidak sadar, dengan mengetahui cara mengecilkan ukuran foto ada beberapa hal yang bisa kamu dapatkan. Belum lagi mengecilkan foto juga fungsional untuk beberapa kebutuhan website tertentu.

 

Untuk apa sajakah kebutuhan mengecilkan foto ini? Yuk ikuti ulasan lengkap yang sudah kami siapkan di bawah ini, ya.

 

Foto Wisuda

Ralat Pengumuman Wisuda | Portal Web UBD | Universitas Bina Darma, Palembang, Indonesia

Kalau kamu bisa melakukan compress foto maka kamu akan mempermudah proses wisudamu. Mengapa? Karena saat proses wisuda dan penempatan buku alumni, kampus akan memintamu untuk memasukkan foto dengan ukuran kecil dan tidak terlalu besar. Alangkah terbantunya kamu kalau bisa mengoperasikan compress foto untuk menyelesaikan in. Kamu akan mempermudah proses wisudamu.

 

Foto untuk Media Sosial

Prof. Dr. Jörg Meuthen (@Joerg_Meuthen) | Twitter

Terkadang beberapa paltform media sosial membutuhkan profile picture dengan ukuran yang tidak terlalu besar. Apabila foto selfie yang ingin kamu jadikan profile picture terlalu besar ukurannya sudah pasti tidak akan berhasil kamu upload. Untuk itulah kamu perlu untuk mengcompress foto tersebut supaya bisa kamu upload dan kamu jadikan profile picturemu. Biasanya untuk profile picture mereka hanya butuh yang berukuran 500 pixel saja kok.

 

Referensi

https://review.bukalapak.com/gadget/cara-compress-foto-untuk-pengguna-mac-7824

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *